Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer Pada Siswa Kelas XI Di MAN 1 Kota Kediri


Author (Penulis)

DESI WIDYA ALFIANITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0159

Abstract

ABSTRAK

Desi Widya Alfianita : Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer Pada Siswa Kelas XI Di MAN 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, UN PGRI Kediri, 2018

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan wawancara yang  dilakukkan peneliti ketika melaksanakan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II di MAN 1 Kota Kediri. Hasil pengamatan dan wawancara menunjukkan bahwa ujian nasional berbasis komputer yang akan diikuti siswa kelas XI MAN 1 Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018 pada kelas XII nanti, saat ini sudah menimbulkan kecemasan. Permasalahan penelitian ini adalah adakah pengaruh efikasi diri terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional berbasis komputer pada siswa kelas XI di MAN 1 Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara efikasi diri terhadap kecemasan menghadapi ujian nasional berbasis komputer pada siswa kelas XI di MAN 1 Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan subyek sebanyak 65 siswa yang dipilih secara acak dari siswa kelas XI MAN 1 Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.

Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala efikasi diri dan skala kecemasan menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan Statistical for the Social Scene (SPSS) Versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : ada pengaruh antara efikasi diri dan kecemasan menghadapi ujian nasional berbasis komputer pada siswa kelas XI di MAN 1 Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018. Hal tersebut terbukti dari nilai koefisien beta sebesar 0,941 dan nilai signifikansi sebesar 0,000, karena nilai sig. 0,000 <  taraf kesalahan 0,05, jadi dapat disimpulkan bahwa efikasi diri memang memengaruhi kecemasan menghadapi ujian nasional berbasis komputer pada siswa. Semakin tinggi efikasi diri siswa maka semakin rendah pula kecemasan menghadapi ujian nasional berbasis komputer pada siswa.

Bagi guru bimbingan dan konseling, diharapkan dalam melaksanakan program konseling kelompok ataupun individu dapat memberikan motivasi, dorongan serta dukungan kepada siswanya, terlebih pada siswa yang mengalami kecemasan menghadapi ujian nasional berbasis komputer tinggi, dengan begitu efikasi diri siswa dapat meningkat dan pada akhirnya dapat mengurangi kecemasan menghadapi ujian nasional berbasis komputer pada siswa kelas XI yang akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer di kelas XII nanti.

 

Kata Kunci : efikasi diri, kecemasan, ujian nasional berbasis komputer.

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Andriansyah, T. 2017. Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al-Munawwariyyah Bululawang. Jurnal Konseling Indonesia, 2 (2). (Online), tersedia : https://ejournal.unikama.ac.id, diunduh pada 01 Nopember 2017, pukul 11.11 WIB.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Farrand, K., Tiffany A. Wild., dan Margile P. Hilson. 2016. Self-Efficacy of Students with Visual Impairment Before and After Participation in a Inquiry-Based Camp. Journal of Science Education for Students with Disabilities, 19 (1). (Online), tersedia : https://eric.ed.gov, diunduh pada 08 Desember 2017, pukul 10.00 WIB.

Musyafa, M.I. 2017. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Komunikasi Dalam Bersiaran Pada Penyiar Radio Kota Malang. Skripsi. Malang : Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Nurlaila, S. 2011. Pelatihan Efikasi Diri Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Siswa-Siswi Yang Akan Menghadapi Ujian Akhir Nasional. Jurnal Guidena, 1 (1). (Online), tersedia : https://jurnal.umm.ac.id, diunduh pada 15 Nopember 2017, pukul 12.30 WIB.

Permana, H. 2014. Hubungan antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Keas IX Di MTs Al Hikmah Brebes. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwanto, A. 2015. Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Perilaku Mencontek Siswa Kelas V Sekolah Dasarnegeri Se-Gugus II Kecamatan Pakem. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Selytania, L. 2007. Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas III SMU. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

 


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI