EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI TKJ SMK PAWYATAN DAHA 3 KEDIRI TAHUN 2018/2019


Author (Penulis)

YUSAK GHOZALI HASAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0157

Abstract

ABSTRAK

                                                                           

Yusak Ghozali Hasan: Efektivitas Teknik Sosiodrama dalam Meningkatkan Keterampilan Komuniukasi Interpersonal Siswa Kelas XI TKJ Di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP- Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2018.

Penelitian ini berdasarkan dari hasil pengamatan dan pengalaman dilapangan, bahwa terdapat beberapa siswa yang memiliki masalah dalam berkomunikasi, hal ini dibuktikan pada saat melakukan layanan bimbingan klasikal rendahnya komunikasi interpersonal yang dimiliki siswa ditandai dengan sikap ragu-ragu, malu ketika berpendapat jika ditanya atau berdiskusi dan sulit menyesuaikan diri dengan teman sebayanya. Berdasarkan masalah yang di uraikan diatas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XI TKJ di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri Tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan teknik pre-experiment dan menggunakan design One Group Pretest-Postest. Serta menggunakan subjek 8 orang siswa kelas XI TKJ di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri yang memiliki sikap ragu-ragu, malu ketika berpendapat, sulit mendengarkan pendapat orang lain dan sulit menyesuaikan diri dengan teman sebayanya rendahnya dalam berkomunikasi dapat diukur dengan skala komunikasi interpersonal. Berdasarkan data hasil penelitian di analisis menggunakan uji-t dengan bantuan software IBM SPSS 23.0, hasil uji-t menunjukan nilai sig. (2-tailed) 0,005< 0,05 dan nilai t-hitung sebesar 4, 075 > t-tabel 1, 895 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan hasil penelitian ini adalah teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas XI TKJ di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan bagi (1) Guru BK dapat menggunakan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa, (2) siswa dapat belajar berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan baik. Karena berinteraksi yang baik dapat menjadi seseorang dan sekelompok dalam melakukan suatu tindakan atau aktifitasnya sebagai siswa yang lebih baik. (3) peneliti selanjutnya dapat mengkaji lebih lanjut variabel pada penelitian ini dengan teknik yang berbeda, disarankan peneliti selanjutnya menggunakan konseling kelompok.

 

KATA KUNCI  : sosiodrama, komunikasi interpersonal


Keyword

sosiodrama, komunikasi interpersonal

Reference

Arikunto, S.  2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizah, Dian. 2013. Mengurangi Perilaku Agresif Melalui Layanan Klasikal Menggunakan  Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas V di SDN Pegirikan 03  Kabupaten Tegal (1). (online), tersedia: http://lib.unnes.ac.id/17874/1/1301409046.pdf , di Unduh 21 November 2017.

Azwar. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dian, A. 2013. Mengurangi Perilaku Agresif Melalui Layanan Klasikal Menggunakan Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Pegirikan 03 Kabupaten Tegal. Disertai. Tidak dipublikasikan. Semarang: Ilmu Pendidikan UNM.

Roestiyah, N. 2008. Strategi Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Romlah, T. 2013. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas    Negeri Malang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).   Bandung : Alfabeta.

Zuhara. 2015. Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1 (1). (Online), tersedia: https://www.researchgate.net/.../Jurnal_Edukasi, diunduh 28 April 2018.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade