PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI SMK PEMUDA PAPAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

OCTAVIA TRI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0154

Abstract

ABSTRAK

 

Percaya diri sangat penting dan dibutuhkan siswa agar dapat mencapai berbagai tujuan dan mengembangkan kemampuan dalam dirinya. Tetapi tidak semua siswa memiliki percaya diri. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan peneliti bahwa masih ada siswa yang takut saat maju di depan kelas, mencontek saat mengerjakan ujian, kurang bergaul, dan kekurangan fisik. Percaya diri dipengaruhi oleh dua faktor, salah satunya faktor eksternal yaitu keluarga dimana dalam keluarga menerapkan pola asuh setiap harinya.  Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap percaya diri siswa kelas XI  SMK Pemuda Papar Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Pemuda Papar yang berjumlah 167 anak, dengan menggunakan teknik sampel proportional, didapatkan sampel sebanyak = 42 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala pola asuh orang tua skala percaya diri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana.Hasil analisis data menunjukkan Fhitung = 127,269 > Ftabel = 4,085, hal ini berarti  terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap percaya diri siswa kelas XI SMK Pemuda Papar. Dilihat dari besarnya koefisien determinasi adalah 0,761. Hasil tersebut menjelaskan bahwa kontribusi pola asuh orang tuaterhadap percaya diri sebesar 76,1%, dan sisanya 23,9% dijelaskan variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap percaya diri. Dimana pola asuh orang tua berpengaruh terhadap tinggi atau rendahnya percaya diri.


Keyword

a

Reference

Abdul, Syani. 2012. Sosiologi Skematika Teori dan Terapan. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta

Djamarah. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta :Rineka Cipta.

Effendy. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Skripsi. Bandung : PT Citra Aditya.

Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri.  Jakarta: Puspa Swara.

Iswidharmanjaya, dan Agung. 2004. Satu Hari Menjadi Percaya Diri. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Munir, Zuldy. 2010. Peran Orang dan Fungsi Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. (online). Tersedia: http://zaldym.wordpress.com/2010/07/17/peran-dan-fungsi-orang-tua-dalam-mengembangkan-kecerdasan-emosional-anak/. Akses tanggal 18/09/2017.

Sugiyono.  2017.  Metode  Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Thoha. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta : Pustaka pelajar (IKAPI)

Utaminingsih, D. 2017. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi. Bandar Lampung : FKIP Universitas Lampung


PUBLISHED

2019-07-30

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI