ABSTRAK
Percaya diri sangat penting dan dibutuhkan siswa agar dapat mencapai berbagai tujuan dan mengembangkan kemampuan dalam dirinya. Tetapi tidak semua siswa memiliki percaya diri. Berdasarkan pengalaman dan pengamatan peneliti bahwa masih ada siswa yang takut saat maju di depan kelas, mencontek saat mengerjakan ujian, kurang bergaul, dan kekurangan fisik. Percaya diri dipengaruhi oleh dua faktor, salah satunya faktor eksternal yaitu keluarga dimana dalam keluarga menerapkan pola asuh setiap harinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap percaya diri siswa kelas XI SMK Pemuda Papar Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Pemuda Papar yang berjumlah 167 anak, dengan menggunakan teknik sampel proportional, didapatkan sampel sebanyak = 42 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala pola asuh orang tua skala percaya diri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana.Hasil analisis data menunjukkan Fhitung = 127,269 > Ftabel = 4,085, hal ini berarti terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap percaya diri siswa kelas XI SMK Pemuda Papar. Dilihat dari besarnya koefisien determinasi adalah 0,761. Hasil tersebut menjelaskan bahwa kontribusi pola asuh orang tuaterhadap percaya diri sebesar 76,1%, dan sisanya 23,9% dijelaskan variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap percaya diri. Dimana pola asuh orang tua berpengaruh terhadap tinggi atau rendahnya percaya diri.
Abdul, Syani. 2012. Sosiologi Skematika Teori dan Terapan. Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta
Djamarah. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta :Rineka Cipta.
Effendy. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Skripsi. Bandung : PT Citra Aditya.
Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Iswidharmanjaya, dan Agung. 2004. Satu Hari Menjadi Percaya Diri. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Munir, Zuldy. 2010. Peran Orang dan Fungsi Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. (online). Tersedia: http://zaldym.wordpress.com/2010/07/17/peran-dan-fungsi-orang-tua-dalam-mengembangkan-kecerdasan-emosional-anak/. Akses tanggal 18/09/2017.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Thoha. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta : Pustaka pelajar (IKAPI)
Utaminingsih, D. 2017. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi. Bandar Lampung : FKIP Universitas Lampung