PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIER TERHADAP PEMILIHAN KARIER SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PAPAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

DANANG EKO SANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0151

Abstract

Abstrak

Danang Eko Santoso : Pengaruh Layanan Bimbingan Karier Terhadap Pemilihan Karier Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Papar Tahun Pelajaran 2018/2019, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2019.

 

            Latar belakang penelitian ini adalah terdapat masalah pada siswa kelas XII yaitu masih kurangnya pemahaman tentang pemilihan karier dalam mengambil keputusan dan mempertimbangkan memasuki dunia kerja atau juga dalam memasuki perguruan tinggi. Akibat dari kurangnya pemahaman karier, dapat berpengaruh pada perencanaan dan pemilihan karier yang kurang tepat. Siswa akan merasa binggung dalam menentukan pilihan studi lanjut ke perguruan tinggi. Begitu juga halnya dengan siswa yang memutuskan untuk bekerja setelah lulus SMA, ia akan memilih pekerjaan mana yang sesuai dengan keadaan dirinya.

            Rumusan masalah penelitian ini adalah “Adakah pengaruh layanan bimbingan karier terhadap pemilihan karier siswa kelas XII SMA Negeri 1 Papar tahun pelajaran 2018/2019?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian quasi experimental, design yang digunakan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Papar yang berjumlah 320 siswa, dengan menggunakan teknik purposive sampling, didapatkan sampel sebanyak 35 siswa IPA kelompok eksperimen dan 35 siswa IPS kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala pemilihan karier dan teknik analisis data adalah Uji Mann Whitney atau lebih dikenal dengan u-test yaitu membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

            Dari hasil penelitian dapat diketahui perhitungan analisis rumus u-test dengan rata-rata skor posttest kelompok eksperimen 40,70 sedangkan rata-rata skor posttest kelompok kontrol 30,30 dan taraf Sig 0,032. Karena taraf sig 0,032 < 0,05 sebagaimana dasar pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”.

            Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : Ada pengaruh layanan bimbingan karier terhadap pemilihan karier siswa kelas XII SMA Negeri 1 Papar tahun pelajaran 2018/2019. Sehingga disarankan bagi konselor hendaknya memberikan layanan bimbingan karier yang membuat siswa dapat memahami tentang pemilihan karier dalam mengambil keputusan dan dapat mempertimbangkan mengenai pilihan kariernya.

 

Kata Kunci : bimbingan karier, pemilihan karier


Keyword

BIMBINGAN KARIER, PEMILIHAN KARIER

Reference

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandir. 1996. Program Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Rahma. 2010. Bimbingan Karir Siswa. Malang: UN-MALIKI Press.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade