ABSTRAK
Berdasarkan dari hasil observasi peneliti, ditemukan siswa berbeda-beda gaya belajarnya. Selain gaya belajar minat belajar kurang karena di SMK lebih banyak praktiknya sehingga membuat jenuh dengan pelajaran dan motivasi siswa rendah yaitu, malas belajar, tidak peduli dengan nilainya, tidak ada semangat dalam kelas. Siswa SMK lebih jarang belajar dari pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada umumnya, disebabkan anak SMK lebih banyak praktiknya dari pada materi dan itu membuat siswa menjadi malas untuk belajar maka dibutuhkan motivasi agar siswa lebih giat dalam belajar.
Permasalahan penelitian ini adakah hubungan antara gaya belajar dan minat belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI semester genap SMK Canda Bhirawa Pare 2017/2018? Penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi dan menggali data untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dan minat belajar terhadap motivai belajar siswa kelas XI semester genap tahun ajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional, subjek penelitian siswa kelas XI semester genap SMK Canda Bhirawa Pare sejumlah 820 siswa dengan sampel 83 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh sklala psikologis gaya belajar, minat belajar dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh gaya belajar dalam kategori sedang dan minat belajar dalam kategori sedang sedangkan motivasi belajar dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis uji regresi menunjukkan nilai F hitung yaitu sebesar 4.010 dan nilai signifikan sebesar 0.000 sesuai kriteria pengujian hipotesis jika nilai Fhitungyaitu 4.010 lebih besar dari Ftabel (df1=2, df2 = 80) 3,111 dan nilai sig. 0.000 lebih kecil dari taraf signifikan 5%, (4.010 > 3,111) dan (0.000 < 0.05). Maka Ha diterima dan Ho ditolakdan ada hubungan antara gaya belajar siswa dan minat belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMK Canda Bhirawa Pare Tahun Ajaran 2017/2018.
Berdasarkan kesimpulan penelitian ini, ada hubunganantara gaya belajar siswa dan minat belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa kelasXI SMK Canda Bhirawa Pare Tahun Ajaran 2017/2018. Dari kolom model summary nilai r square 91%. Angka tersebut mengandung arti bahwa gaya belajar dan minat belajar berhubungan terhadap motivasi belajar.
Kata Kunci : gaya belajar, minat belajar, motivasi belajar
Agmila, Happy. 2015. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Min Jati Pandansari Ngunut Tulungagung Dalam Belajar Matematika. Skripsi. Tulungagung: Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN (Online), tersedia: http://lib.iain.ac.id di unduh 3 Maret 2018
Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologis. Yogyakarta:Pustaka Belajar.
Deporter, B dan Hernarcki M. 2016. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung : PT Mizan Pustaka
Nugroho, Aditya. 2013. Pengaruh Motivasi Dan Minat Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Diklat Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Smk Negeri 1 Sedayu. Skripsi. Yogyakarta: FT UNY (Online), tersedia : http://lib.uny.ac.id di unduh 10 November 2017
Sardiman, A. Imteraksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slameto.2015. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016 Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kantitatif, kualitatif, dan R&D).Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2017 Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kantitatif, kualitatif, dan R&D).Bandung : Alfabeta
Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.