HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK CANDA BHIRAWA PARE TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NUNGKY DESANTY PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0150

Abstract

 

ABSTRAK

Berdasarkan dari hasil observasi peneliti, ditemukan  siswa berbeda-beda gaya belajarnya. Selain  gaya  belajar   minat  belajar  kurang  karena  di SMK  lebih  banyak  praktiknya  sehingga membuat  jenuh  dengan  pelajaran  dan  motivasi  siswa  rendah  yaitu,  malas  belajar,  tidak  peduli dengan nilainya, tidak ada semangat dalam kelas. Siswa SMK lebih jarang belajar dari pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) pada umumnya, disebabkan anak SMK lebih banyak praktiknya dari pada materi dan itu membuat siswa menjadi malas untuk belajar maka dibutuhkan motivasi agar siswa lebih giat dalam belajar.

Permasalahan  penelitian  ini  adakah  hubungan  antara  gaya  belajar  dan  minat  belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI semester genap SMK Canda Bhirawa Pare 2017/2018? Penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi dan menggali data untuk mengetahui hubungan antara  gaya  belajar  dan  minat  belajar  terhadap  motivai  belajar  siswa  kelas  XI  semester  genap tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dengan  teknik  korelasional,  subjek penelitian siswa kelas XI semester genap SMK Canda  Bhirawa Pare sejumlah 820 siswa dengan sampel 83 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan  simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh sklala psikologis gaya belajar, minat belajar dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh  gaya belajar dalam kategori sedang dan minat belajar  dalam  kategori  sedang  sedangkan  motivasi  belajar  dalam  kategori  sedang.  Berdasarkan hasil  analisis  uji  regresi  menunjukkan  nilai  F  hitung  yaitu  sebesar  4.010  dan  nilai  signifikan sebesar 0.000 sesuai kriteria pengujian hipotesis jika nilai Fhitungyaitu 4.010 lebih besar dari Ftabel (df1=2, df2 = 80) 3,111 dan nilai sig. 0.000 lebih  kecil dari taraf signifikan 5%, (4.010 > 3,111) dan (0.000 < 0.05). Maka Ha diterima dan Ho ditolakdan ada hubungan antara gaya belajar siswa dan  minat  belajar  siswa  terhadap  motivasi  belajar  siswa  kelas  XI  SMK  Canda  Bhirawa  Pare Tahun  Ajaran  2017/2018. 

Berdasarkan kesimpulan penelitian ini, ada hubunganantara gaya belajar siswa dan minat belajar siswa terhadap motivasi belajar siswa kelasXI SMK Canda Bhirawa Pare Tahun Ajaran 2017/2018.  Dari  kolom  model  summary  nilai  r  square  91%.  Angka  tersebut  mengandung  arti bahwa gaya belajar dan minat belajar berhubungan terhadap motivasi belajar.

 

Kata Kunci  : gaya belajar, minat belajar, motivasi belajar


Keyword

a

Reference

Agmila, Happy. 2015. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Min Jati Pandansari Ngunut Tulungagung Dalam Belajar                 Matematika. Skripsi. Tulungagung: Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN (Online), tersedia: http://lib.iain.ac.id di unduh 3 Maret 2018

Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologis. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Deporter, B dan Hernarcki M. 2016. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung : PT Mizan Pustaka

Nugroho, Aditya. 2013. Pengaruh Motivasi Dan Minat Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Diklat Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Smk Negeri 1                         Sedayu. Skripsi. Yogyakarta: FT UNY (Online), tersedia : http://lib.uny.ac.id di unduh 10 November 2017

Sardiman, A. Imteraksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto.2015. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016 Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kantitatif, kualitatif, dan R&D).Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017 Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kantitatif, kualitatif, dan R&D).Bandung : Alfabeta

Syah, M. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


PUBLISHED

2018-08-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI