PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP MINAT MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SEKOLAH SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

PANJI DELFIANSYAH ZEEN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0147

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi peneliti di SMA Muhammadiyah Kota Kediri yang kerap menemui siswa minim dan  tidak aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Sehingga nilai ekstrakulikuler siswa tidak tercapai target dan tidak ada pembekalan tambahan pada diri siswa saat sudah terjun kedalam lingkungan masyarakat. Program ekstrakulikuler merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan dan dikembangkan pada program siswa sebagai wadah penyaluran hobi siswa, bakat, minat yang ada di dalam diri setiap siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap minat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler sekolah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-I dan X-2 SMA Muhammadiyah Kota Kediri dengan sampel jenuh 75 siswa, dengan menggunakan teknik eksperimen kuantitatif, didapatkan sampel sebanyak 35 siswa kelompok eksperimen pada kelas X-I dan 40 siswa kelompok kontrol pada kelas X-2 yang memiliki tingkat minat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang rendah. Dari hasil analisis data uji normalitas menggunakan one-sample kolmogrov-smirnov test diketahui asymph.sig.(2-tailed) pre-test eksperimen Asymph. Sig. (2-tailed) sebesar 0,200 > 0,05, post-test eksperimen Asymph. Sig. (2-tailed) sebesar 0,200 > 0,05, dan pre-test kontrol Asymph. Sig. (2-tailed) sebesar 0,200 > 0,05, pos-test kontrol Asymph. Sig. (2-tailed) sebesar 0,200 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Uji homogenitas digunakan untuk mengetahui seragam atau tidaknya variasi sampel yang diambil dari populasi yang sama. Pengujian homogenitas dilakukan dengan menggunakan One way anova. Data dikatakan signifikan apabila Sig > 0,05, sehingga dapat diketahui bahwa sampel yang digunakan berasal dari populasi yang homogen. Dari uji independent sampel t-test menunjukkan nilai thitung >ttabel, 12,059 > 1,993, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti teknik layanan bimbingan informasi efektif untuk meningkatkan minat mengikuti ekstrakulikuler sekolah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kota Kediri. Dari hasil penelitian juga tampak bahwa dengan diberikan layanan bimbingan informasi dari 75 siswa yang semula memiliki minat ekstrakulikuler rendah kemudian memiliki perkembangan yang tinggi dalam minat ekstrakulikuler yang ada disekolah. Hal ini berarti layanan bimbingan informasi memberikan pengaruh bagi siswa untuk meningkatkan minat mengikuti ekstrakulikuler sekolah. Sehingga disarankan bagi konselor/Guru BK hendaknya memberikan layanan bimbingan informasi apabila siswa menemui permasalahan yang berkaitan dengan minat ekstrakulikuler agar siswa dapat memahami kegiatan minat ekstrakulikuler yang ada di sekolah. 

KATA KUNCI  : layanan informasi; minat mengikuti ekstrakulikuler


Keyword

LAYANAN INFORMASI,MINAT MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Prayitno,M. 2001. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Aneka.

SK Dirjen Dikdasmen Nomor 226/C/Kep./1992, Kegiatan Ekstrakulikuler Sekolah

Prayitno & Amti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Aneka.

Marsudi, 2010, Peranan layanan informasi bagi program bimbingan dan konseling PT. Gramedia Pustaka Utama. Tabrani, 2000. Minat yang harus Dikembangkan, Yogyakarta: Rineka Cipta. 2010.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade