PENGARUH TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN (APk) SMK PEMUDA PAPAR TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

SYAHDA MAHARDIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0145

Abstract

Abstrak

Syahda Mahardika: Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Efikasi Diri Akademik Siswa Kelas X APk SMK Pemuda Papar Tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi, Bimbingan & Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.

Kata kunci: teknik sosiodrama, efikasi diri akademik.

            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa banyak siswa kelas X Administrasi Perkantoran (APk) SMK Pemuda Papar menunjukkan gejala efikasi diri akademik yang rendah seperti mengeluh apabila diberi tugas yang dirasa sulit, merasa tidak bisa sebelum mencoba mengerjakan tugas, kurang meyakini akan kemampuan dirinya, bergantung jawaban temannya karena tidak percaya dengan jawan sendiri, hal ini dapat membuat siswa enggan melakukan kewajibannya sebagai siswa. Permasalahan efikasi diri akademik ini juga belum pernah ditangani dengan  teknik sosiodrama. Tujuan  penelitian  ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh teknik sosiodrama terhadap efikasi diri akademik siswa kelas X adminitrasi perkantoran (APk) SMK Pemuda Papar. Kelebihan menggunakan teknik sosiodrama adalah memberi kesempatan kepada anak-anak untuk berperan aktif mendramatisasikan sesuatu masalah sosial yang sekaligus melatih keberanian serta kemampuannya melakukan suatu agenda di muka orang banyak.  Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelian experimen model one group pretest-posttes dengan populasi berjumlah 60 anak, subjek penelitian 8 orang siswa kelas X Administrasi Perkantoran (APk) SMK Pemuda Papar yang memiliki efikasi diri akademik  rendah dan sedang yang dipilih secara purposive sampling, efikasi diri diukur dengan skala efikasi diri. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t, hasil uji-t menunjukan nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05 dan nilai thitung sebesar 8,847 > ttabel 1,895.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh teknik sosiodrama terhadap efikasi diri akademik pada siswa kelas X Administrasi Perkantora (APk) SMK Pemuda Papar. Berdasarkan kesimpulan tersebut peneliti menyarankan kepada (1) Guru BK untuk menggunakan teknik sosiodrama sebagai alternatif perlakuan untuk mengatasi masalah efikasi diri akademik (2) Siswa dapat belajar untuk  meningkatkan efikasi diri akademik agar siswa dapat meyakini dengan kemampuannya sendiri. (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat mengusahakan untuk mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas terutama yang belum terungkap dalam penelitian ini.


Keyword

teknik sosiodrama, efikasi diri akademik

Reference

Romlah, T. 2013. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Roestiyah, N. 2008. Strategi Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Setyaputri, N.Y. 2015. Pengembangan media permainan “Roda Pelangi’’ Untuk meningkatkan efikasi diri (self efficacy) siswa smp dalam menghadapi ujian. 28 (1).  02 januari 2017.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade