Abstrak
Hana’ Bernike Amanaty Haenida: Efektifitas Teknik Cinema Therapy untuk Meningkatkan Efikasi Diri pada Siswa Kelas XI APK di SMK PGRI 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Bimbingan dan Konseling FKIP UN PGRI Kediri, 2018
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa efikasi diri siswa XI APK di SMK PGRI 2 Kota Kediri efikasi diri tergolong rendah. Rumusan masalah yang diambil adalah “apakah teknik cinema therapy (terapi film) efektif untuk meningkatkan efikasi diri pada siswa kelas XI APK di SMK PGRI 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Kota Kediri sebanyak 139 siswa, dengan sampel penelitian kelas XI APK 1 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 47 siswa dan kelas XI APK 2 sebagai kelompok kontrol sebanyak 47 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner efikasi diri. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,926. Penelitian ini menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui keefektifan teknik cinema therapy (terapi film) untuk meningkatkan efikasi diri siswa. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 3,636 > 1,980 pada taraf signifikansi 5%. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa teknik cinema therapy (terapi film) efektif untuk meningkatkan efikasi diri siswa kelas XI APK di SMK PGRI 2 Kota Kediri.
Kata kunci: cinema therapy, efikasi diri, siswa SMK
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Fatchurahman, M. 2017. Penerapan Teknik Cynema Therapy untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Bahaya Merokok, (Online), 3 (1): 1-10, tersedia : http://ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK, diunduh 14 November 2017.
Fery, A. Muri, Y. & Marjohan. 2016. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Modeling dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Menghadapi Ujian, 5 (1), (Online), tersedia : http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor, diunduh 13 November 2017.
Oktaviani, M.P. 2018. Tingkat Efikasi Diri dalam Belajar Siswa SMK (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas X SMK Sahid Jakarta Tahun Ajaran 2016/2017 dan Implikasinya terhadap Usulan Topik-topik Bimbingan Pribadi). Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD) Cetakan Ke 24. Bandung: Penerbit Alfabeta.