EFEKTIFITAS TEKNIK CINEMA THERAPY UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA KELAS XI APK DI SMK PGRI 2 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

HANA' BERNIKE AMANATY HAENIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0144

Abstract

Abstrak

 

Hana’ Bernike Amanaty Haenida: Efektifitas Teknik Cinema Therapy untuk Meningkatkan Efikasi Diri pada Siswa Kelas XI APK di SMK PGRI 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Bimbingan dan Konseling FKIP UN PGRI Kediri, 2018 
 
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa efikasi diri siswa XI APK di SMK PGRI 2 Kota Kediri efikasi diri tergolong rendah. Rumusan masalah yang diambil adalah “apakah teknik cinema therapy (terapi film) efektif untuk meningkatkan efikasi diri pada siswa kelas XI APK di SMK PGRI 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI APK SMK PGRI 2 Kota Kediri sebanyak 139 siswa, dengan sampel penelitian kelas XI APK 1 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 47 siswa dan kelas XI APK 2 sebagai kelompok kontrol sebanyak 47 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner efikasi diri. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,926. Penelitian ini menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui keefektifan teknik cinema therapy (terapi film) untuk meningkatkan efikasi diri siswa. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 3,636 > 1,980 pada taraf signifikansi 5%. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa teknik cinema therapy (terapi film) efektif untuk meningkatkan efikasi diri siswa kelas XI APK di SMK PGRI 2 Kota Kediri. 
 
Kata kunci: cinema therapy, efikasi diri, siswa SMK 


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatchurahman, M. 2017. Penerapan Teknik Cynema Therapy untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Bahaya Merokok, (Online), 3 (1): 1-10, tersedia : http://ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK, diunduh 14 November 2017.

Fery, A. Muri, Y. & Marjohan. 2016. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Modeling dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Menghadapi Ujian, 5 (1), (Online), tersedia : http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor, diunduh 13 November 2017.

Oktaviani, M.P. 2018. Tingkat Efikasi Diri dalam Belajar Siswa SMK (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas X SMK Sahid Jakarta Tahun Ajaran 2016/2017 dan Implikasinya terhadap Usulan Topik-topik Bimbingan Pribadi). Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD) Cetakan Ke 24. Bandung: Penerbit Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI