ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena tingginya perilaku agresif siswa. Agresif tinggi tidak mampu berkomunikasi dengan baik, karena bisa menyakiti orang lain sehingga tidak diterima dilingkungan sekitar. Maka dalam hal ini perlu adanya solusi mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan teknik bermain peran dapat mengendalikan emosi dan dapat memecahkan masalah siswa. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Masih banyak siswa berperilaku agresif. 2) Di SMK PGRI 3 Kediri Kelas X MM dan X PMS belum dilaksanakan teknik bermain peran Tahun ajaran 2017/2018. Pada penelitian ini yang dimaksud perilaku agresif adalah bentuk perilaku yang dapat menyakiti orang lain secara fisik maupun mental, sedangkan bermain peran adalah suatu alat belajar yang mengembangkan keterampilan mengenai jalan memerankan situasi yang paralel dengan yang terjadi di kehidupan yang sebenarnya. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui keefektifan bermain peran untuk mengurangi perilaku agresif pada siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini adalah siswa kelas X MM sebagai kelompok eksperimen dan X PMS sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 42 siswa. Sampel diambil dengan teknik pengambilan purposive sampling dan didapatkan sebanyak 16 responden terpilih berdasarkan skor pretest yang memiliki kategori perilaku agresif tinggi dan sangat tinggi, terpilih 8 siswa kelas X MM dan 8 siswa kelas X PMS. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket perilaku agresif. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,974. Penelitian ini menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui keefektifan bermain peran untuk mengurangi perilaku agresif. Hasil analisis data nilai signifikan sebesar 0,019 < 0,05 atau thitung sebesar 2,641 > ttabel sebesar 2,145 dengan df 14, maka H0 ditolak Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bermain peran efektif untuk mengurangi perilaku agresif. Sehingga disarankan sebaiknya untuk menurunkan prilaku agresif siswa maka guru BK diharapkan menggunakan teknik role playing untuk mengurangi perilaku agresif siswa.
KATA KUNCI : Keefektifan, bermain peran, perilaku agresif
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Fauza. 2017. Pengaruh Penerapan Model Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Terpadu Di Kelas IV SD Negeri 2 Sukoharjo II Tahun Ajaran 2016/2017. Dipublikasikan Lampung: UNILA (Online), Tersedia: http://digilib.unila.ac.id, diunduh 1 Mei 2018
Sari. 2017. Keefektifan Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal. Dipublikasikan Malang: UNIKAMA (Online), Tersedia: http://e-journal.UNIKAMA.ac.id, diunduh 1 Mei 2018
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta
Supriyati. 2013. Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Agresif. Dipublikasikan Surakarta: UNS (Online). Tersedia: https://digilib.UNS.ac.id, diunduh 1 Mei 2018