ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa banyak siswa kelas X SMAN 1 Purwoasri menunjukkan gejala efikasi diri yang rendah seperti mengeluh apabila diberi tugas yang dirasa agak sulit, merasa tidak bisa sebelum mencoba mengerjakan tugasnya, dalam mengerjakan tugas kurang maksimal, tidak berani bertanya maupun berpendapat karena merasa ragu dengan kemampuannya, kurang meyakini akan kemampuan dirinya, merasa minder dengan temannya yang dianggap lebih pandai, cenderung lebih suka menghindar bila diberi kesempatan mengerjakan tugas, hal ini dapat membuat siswa enggan melakukan kewajibannya sebagai siswa. Permasalahan efikasi diri rendah ini juga belum pernah ditangani dengan teknik bibliokonseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik bibliokonseling untuk mengatasi efikasi diri rendah siswa kelas X SMAN 1 Purwoasri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif model one group pretest-posttes dengan subjek penelitian 8 orang siswa-siswi kelas X SMAN 1 Purwoasri yang memiliki efikasi diri rendah, efikasi diri diukur dengan skala efikasi diri. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan software IBM SPSS 23.0, hasil uji-t menunjukan nilai sig. (2-tailed) 0,005<0,05 dan nilai thitung sebesar 4,059>ttabel 1,895. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bibliokonseling efektif untuk mengatasi efikasi diri rendah pada siswa kelas X SMAN 1 Purwoasri. Berdasarkan kesimpulan tersebut peneliti menyarankan kepada guru BK untuk menggunakan teknik bibliokonseling sebagai alternatif perlakuan untuk mengatasi masalah efikasi diri rendah.
KATA KUNCI : bibliokonseling, efikasi diri
DAFTAR PUSTAKA
Hariyadi,S., Sugiharto,DYP., & Sutoyo,A. 2014. Bimbingan Kelompok Teknik Biblio-Counseling Berbasis Cerita Rakyat untuk Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, (Online).3 (2):98-103. Tersedia: https://journal.unnes.ac.id/artikel_sju/jubk/4613 , diunduh 7 november 2017.
Himam,F. & Valentino,R. Efikasi Diri Untuk Meningkatkan Optimisme Terhadap Pencapaian Karir Karyawan PKWT Perusahaan X. Jurnal Intervensi Psikologi, (Online).6:50-66. Tersedia; http://journal.uii.ac.id/index.php/intervensipsikologi/article/view/3959 , diunduh 8 november 2017.
Rustika,I.M. 2012. Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura.buletin psikologi, (Online). 20(1-2):18-25. Tersedia: https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/11945/8799 , diunduh 8 november 2017.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widaryati,S. 2013. Efektivitas Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Efikasi Diri Siswa. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan dan Konseling, (Online), 2(2):94-100. Tersedia: http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/ article/view/2576/2599 , diunduh 12 november 2017.