Abstrak
A. Dadang Baihaqi: Efektifitas Teknik Cinema Therapy untuk Meningkatkan Empati pada Siswa Kelas XI TGB di SMKN 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Bimbingan dan Konseling FKIP UN PGRI Kediri, 2018
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa empati siswa di SMKN 1 Kota Kediri tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan dengan sikap acuh kepada teman yang memiliki masalah, maupun kepada staff di lingkungan sekolah. Rumusan masalah yang diambil adalah “apakah teknik cinema therapy efektif untuk meningkatkan empati pada siswa kelas XI TGB di SMKN 1 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TGB SMKN 1 Kota Kediri sebanyak 60 siswa, dengan sampel penelitian kelas XI TGB 1 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas XI TGB 2 sebagai kelompok kontrol sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner empati. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,730. Penelitian ini menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui keefektifan teknik cinema therapy untuk meningkatkan empati siswa. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 13,417 > 2,000 pada taraf signifikansi 5%. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa teknik cinema therapy efektif untuk meningkatkan empati siswa kelas XI TGB di SMKN 1 Kota Kediri.
Kata kunci: cinema therapy, empati, siswa SMK
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Jasmine, A.S. 2016. Pengaruh Terapi Film (Cinema therapy) Terhadap Peningkatan Swakelola Belajar Pada Siswa Kelas 8 SMPN 2 Berbah, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta..
Oktaviani, M.P. 2018. Tingkat Efikasi Diri dalam Belajar Siswa SMK (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas X SMK Sahid Jakarta Tahun Ajaran 2016/2017 dan Implikasinya terhadap Usulan Topik-Topik Bimbingan Pribadi). skripsi. Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma. (Online). Tersedia: https://repository.usd.ac.i/18153/ , diunduh 13 April 2018.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD) Cetakan Ke 24. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Taufik. 2012. Empati: Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta. Raja Grafindo.