STUDI TENTANG PENANGANAN SISWA MEMBOLOS PADA KELAS X YANG DILAKUKAN OLEH GURU BK SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

ARIF BUDIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0139

Abstract

Abstrak

            Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pada saat PPL. Terkait dengan penanganan siswa membolos oleh guru BK di SMK PGRI 4 Kediri sehingga peneliti tertarik untuk meneliti penangan siswa membolos. Tujuan  penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku membolos pada siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri. (2) Untuk mengetahui upaya guru BK dalam mengatasi perilaku membolos pada siswa kelas X. (3) Untuk mengetahui hasil penanganan terhadap siswa membolos yang dilakukan oleh guru BK. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian 2 guru BK dan sekundernya 4 siswa kelas X di SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian ini jenis studi kualitatif dasar atau generik (basic or generic qualitative study). Dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan dari data yang diperoleh kemudian data di cek kekredibilitasnya dengan menggunakan  metode triangulasi sumber dan perpanjangan keikutsertaan untuk membuktikan keabsahan temuan. Dari hasil triangulasi sumber peneliti mengulangi wawancara pada sumber data yang cukup panjang guna mendeteksi dan memperhitungkan perubahan hasil wawancara yang tidak diinginkan dan mungkin mengotori data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Faktor-faktor siswa membolos yaitu diajak teman, memang tidak ada niat untuk pergi ke sekolah dan malas mengikuti jadwal pelajaran biasanya mereka tidak suka dan capek alasannya mereka terlalu banyak main pada malam hari, dijalan bertemu dengan teman-temannya tetapi mereka tidak pergi ke sekolah melainkan membolos dengan teman-temannya; (2) Upaya-upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi perilaku membolos siswa kelas X yaitu melakukan pendekatan kepada siswa yang membutuhkan kemudian melakukan kolaborasi dengan orang tua dan wali kelas serta koordinasi dengan waka kesiswaan. Selain itu guru BK memberikan layanan bimbingan klasikal dan konseling individu ataupun kelompok kepada siswa. Memanggil orang tua siswa ke ruang BK. Selanjutnya memanggil siswa ke ruang BK kemudian menanyakan apa alasannya membolos, kemana saja saat membolos dan sama siapa saja membolos kemudian dinasehati dan dibimbing oleh guru BK; (3) Hasil penanganan siswa yang membolos yang dilakukan oleh guru BK SMK PGRI 4 Kediri yaitu ada yang masih mengulangi membolos dan ada yang sudah tidak mengulangi membolos. Jadi hasil penanganan terhadap siswa membolos itu belum efektif. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan bahwa (1) Guru BK dan guru-guru mata pelajaran yang lain lebih dalam menjalin komunikasi antar peserta didik; (2) Dan guru BK menumbuh kembangkan minat peserta didik untuk senantiasa datang ke ruang BK untuk berkonsultasi setiap permasalahan yang dihadapi.

 

Kata kunci: penanganan membolos, guru BK.


Keyword

Penanganan membolos, guru BK

Reference

Erwin, W. 2017. Masalah-masalah Peserta Didik Dalam kelas Dan Solusinya. Yokyakarta: Araska Publisher.

Handoko, A. 2013. Mengatasi Perilaku Membolos Melalui Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Behavior Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas X TKJ SMK BINA NUSANTARA UNGARAN Tahun Ajaran 2012/2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang, Skripsi, (Online), tersedia: http://lib.unnes.ac.id/17814/1/1301407016.pdf, diunduh 27 Oktober 2017.

Mappiare, A. 2013. Tipe-Tipe Metode Riset Kualitatif Untuk Eksplanasi Sosial Budaya Dan Bimbingan Konseling. Malang: Elang Mas.

Moleong, L. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2010. Pemahaman Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade