Studi Fenomenologi Tentang Efek Penerapan 5 Hari Sekolah Terhadap Belajar Siswa SMKN 2 Kediri


Author (Penulis)

YUSTINA NOVERINA ANGGRIENI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0135

Abstract

Abstrak

Yustina Noverina Anggrieni: Studi Fenomenologi Tentang Efek Penerapan 5 Hari Sekolah Terhadap Belajar Siswa SMKN 2 Kediri, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2019

                Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan pada saat PPL, terkait dengan penerapan 5 hari sekolah di SMKN 2 Kediri. Penerapan 5 hari sekolah sesuai dengan peraturan pemerintah, namun disisi lain penerapan 5 hari sekolah pada saat ini belum sepenuhnya diterima oleh guru dan siswa. Kondisi tersebut menarik peneliti  untuk meneliti tentang efek penerapan 5 hari sekolah terhadap belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Persepsi siswa terhadap penerapan sistem 5 hari sekolah (2) Persepsi guru terhadap penerapan sistem 5 hari sekolah (3) Efek dari penerapan sistem 5 hari sekolah terhadap belajar siswa SMKN 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subyek yang digunakan dalam penelitian adalah 3 siswa kelas X dan 3 guru di SMKN 2 Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara yang dilakukan sebanyak 2 kali.Triangulasi yang di lakukan adalah triangulasi sumber dan triangualasi waktu. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Dari aspek persepsi siswa terhadap penerapan 5 hari sekolah, siswa kelas X sudah dapat menyesuaikan diri dengan penerapan 5 hari sekolah, namun  semangat belajar siswa menurun seiring bertambahnya jam pelajaran, siswa merasa jenuh saat jam pelajaran. Selain belajar dikelas siswa juga belajar diluar kelas. Siswa tidak merasa kekurangan waktu bermain diluar sekolah, karena siswa sudah tidak dibebani dengan PR. 2) Dari aspek  persepsi guru terhadap penerapan 5 hari sekolah, kurikulum yang duigunakan untuk kelas XII KTSP 2006 dan kelas X dan XI menggunakan K13 dan untuk penerapan 5 hari sekolah dapat mengunakan 2 kurikulum tersebut. Guru merasa nyaman dengan penerapan 5 hari sekolah. Daya serap dan konsentrasi siswa menurun pada saat memasuki jam pelajaran terakhir. Namun prestasi belajar siswa tidak ada masalah dan mengalami peningkatan. (3) Dari aspek efek penerapan 5 hari sekolah.guru dan siswa merasa nyaman dan merasa diuntungkan dengan penerapan 5 hari sekolah. Dampak positifnya siswa bisa berkumpul dengan keluarga saat libur dan dampak negatifnya siswa kelelahan dengan penerapan 5 hari sekolah karena jam belajar lebih panjang. Untuk peneliti selanjutnya, diharapkan melakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai penerapan 5 hari sekolah terhadap belajar siswa, agar data yang didapatkan lebih mendetail dan mendalam. Untuk pihak sekolah, diharapkan untuk tetap memberikan sosialisasi  terlebih dahulu pada siswa baru ataupun sosialisasi pada siswa jika ada pergantian penerapan yang digunakan di sekolah.

 

 

Kata kunci: 5 hari sekolah, belajar siswa

 


Keyword

Belajar Siswa

Reference

Oke zone.13 juni 2017.KPAI: Kebijakan 5 Hari Sekolah Langgar Undang-Undang. (Online), tersedia: https://news.okezone.com/read/2017/06/12/65/1713705/kpai-kebijakan-5-hari-sekolah-langgar-undang-undang, diunduh  22 November 2017.

Barnawi & Jajat Darojat.2018. PenelitianFenomenologi Pendidikan Teori dan Praktik.Yogyakarta: AR-Ruzz Media

Irham Muhamad & Novan Ardy Wiyani. 2014. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta : AR-Ruzz Media

Latife.13 Juni 2017. “Belajar 8 Jam Sehari Cocok Untuk Semua Sekolah, ini Alasannya!”. (Online), tersedia: http://edukasi.kompas.com/read/2017/06/13/13560631/belajar.8.jam.sehari.tak.cocok.untuk.semua.sekolah.ini.alasannya, diunduh 26 Oktober 2017.

Latife. 15 Juni 2017, “Jokowi Minta Mendikbud Kaji Ulang Kebijakan 8 Jam Belajar”. (Online), tersedia: http://nasional.kompas.com/read/2017/06/15/13451651/jokowi.minta.mendikbud.kaji.ulang.kebijakan.8.jam.belajar, diunduh 22 Nobember 2017.

Lubis & Akhyar Yusuf. 2014. Filsafat Ilmu Klasik Hingga Kontemporer. Jakarta : Rajawali Pers.

Moleong J. Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kualitiatif Edisi Revisi. Bandung : PT Reamaja Rosdakarya..

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta

.

 

 

 


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade