PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

AFIFATUR ROSIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0134

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa ditemukan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah dengan perilaku yang ditunjukan oleh siswa seperti sulit mengungkapkan pendapat, acuh tak acuh, dan sulit berinteraksi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk pre-eksperimental designs dengan teknik one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu pemberian pretest, pemberian treatment bimbingan kelompok dengan teknik diskusi sebanyak tiga kali dan pemberian posttest. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala keterampilan sosial siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Kediri yang berjumlah 326. Sampel yang diambil sebagai penelitian sebanyak 32 siswa pada siswa kelas XI MIPA H dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan uji t yaitu Paired Samples t Test. Hasil analisis data dalam penelitian ini diketahui melalui perhitungan uji Paired Sample t Test dengan bantuan software SPPS for Windows 23 diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 13,953 > 2,039 dengan derajat kebebasan (df) 31 pada taraf signifikan 5% atau nilai sig. 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap keterampilan sosial siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan yaitu, (1) Bagi guru BK atau konselor dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi, apabila menemui permasalahan mengenai rendahnya keterampilan sosial siswa (2) Bagi siswa dengan adanya layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi diharapkan dapat bekerjasama, mengontrol diri dan bertukar pikiran sehingga dapat meningkatkan keterampilan sosialnya (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat meneliti lebih mendalam tentang pemecahan masalah di sekolah, terutama mengenai keterampilan sosial dengan mengkaji aspek-aspek yang lain yang belum terungkap. Mungkin dapat menerapkan bimbingan kelompok dengan teknik bimbingan kelompok yang berbeda misalnya sosiodrama, roleplaying dan lain-lain. Selain itu, dapat menggunakan metode penelitian yang berbeda seperti PTK, R&D, dan lain-lain.

 

 

Kata Kunci  : bimbingan kelompok, teknik diskusi, keterampilan sosial.


Keyword

a

Reference

Huda, Khairul. Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Benteng-Bentengan (Penelitian Tindakan pada Kelas B TK Nurul Arafah NW, Desa Sambelia Kec. Sambelia Tahun 2016). Jurnal Realita, (Online), 1 (2): 153-163, tersedia: http://fip.ikipmataram.ac.id, di unduh tanggal 4 januari 2018

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan Istiwidayanti dan Soedjarwo. Tanpa Tahun. Jakarta: Penerbit Erlangga

Rahmawati, Dhila. 2015. Pengembangan Buku Panduan Pelatihan Keterampilan Sosial Tingkat Lanjut Bagi Siswa SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program Strata Satu Universitas Negeri Malang.

Romlah, Tatiek. 2013. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Prayitno dan Erman Amti. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Rinerka Cipta


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI