ABSTRAK
Sosiodrama merupakan permainan peranan yang ditujukan untuk memecahkan masalah sosial yang timbul dalam hubungan antar manusia. Oleh karena itu dibutuhkan pembuatan naskah sosiodrama untuk mengurangi permasalahan yang terjadi, salah satu masalahnya adalah kecemasan akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen, desain one group prettest posttest design dengan subyek penelitian terdiri dari 9 siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar instrumen angket kecemasan akademik, naskah sosiodrama, kuisioner kecemasan akademik. Peneliti menggunakan uji wilcoxon dan hasil uji tersebut menunjukkan bahwa Asym Sig (2-tailed) menujukkan 0,008 < 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa sosiodrama efektif dan layak untuk mengurangi kecemasan akademik siswa. Saran untuk peneliti selanjutnya agar lebih berinovasi, sehingga dapat memunculkan ide-ide kreativitas yang dapat dikemas dalam ragam budaya untuk dijadikan referensi terbaru untuk pembelajaran.
KATA KUNCI : kecemasan akademik, sosiodrama, uji wilcoxen,
Fitri Ukhtia, Iredho Fani Reza, Zaharuddin. 2016. Hubungan Antara Religiusitas Dengan KecemasanAkademik Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Psikologi Islami. Vol 2 No 2 hal 150.Tersediahttp://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/psikis/article/download/1186/1004 diunduh 2 Desember
Romlah 2013. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : Universitas Negeri Malang. hal 150
Shinta, D. 2017. Mengatasi Kecemasan si Kecil Jelang Masuk Sekolah. Jawa pos, tersedia https://www.jawapos.com/pendidikan/07/07/2017/mengatasi-kecemasan-si-kecil-jelang-masuk-sekolah, diunduh 1 Januari 2018
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta 2017
Zuhara. 2013. Efektivitas Teknik Sosiodama Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi Vol 1 No 1 tersedia https://www.scribd.com/document/361998140/Jurnal-Sosiodrama-pdf diunduh 18 Desember 2017