Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama PPL, bahwa siswa kelas X SMA N Plosoklaten yang mengangalami kecanduan game online. akibatnya berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang menjadikan minat belajarnya berkurang akibatnya siswa lebih menghabiskan waktu untuk bermain game online, bermalas-malasan dalam kegiatan disekolah maupun kegiatan di rumah. Permasalahan penelitian ini adalah mengenai study deskriptif pola kecanduan game online siswa kelas X SMA N Plosoklaten. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. dengan populasi seluruh siswa kelas X Tahun Pelajaran 2017/2018, pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling dan diambil 4 siswa untuk mewakili penelitian ini. Dari hasil analisis data yang sudah di dapatkan dari informan pola kecanduan yang di alami siswa sudah terlalu cenderung merugikan siswa. siswa cenderung bermain game secara berlebihan, tidak menghiraukan waktu mereka memainkanya entah itu waktu disekolah saat pelajaran maupun dirumah sehari hari. Sehingga dampak yang dialami terlalu menganggu aktifitas belajar siswa, timbul rasa emosional yang tinggi, tindakan fisik dan rasa toleransi menurun. harapan dari guru bk adalah siswa dapat memanjemen waktu yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, semoga menambah keilmuan bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan, saran yang perlu dikemukakan adalah hendaknya konselor sekolah dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling untuk para siswa agar lebih bisa mengontrol diri dan tidak berlebihan dalam setiap melakukan kegiatan.
KATA KUNCI : Kecanduan, Game online
Angela. 2013. Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sdn 015 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir.eJournal ilmu komunikasi. Vol.1, No.2 (online), tersedia http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site. Diunduh 27 desember 2017
Drajat Edy Kurniawan. 2017. Pengaruh intensitas bermain game online terhadap perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa bimbingan dan konseling universitas pgri yogyakarta. (online). Vol. 3 No. 1, 2017. Tersedia https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/download/1120/1071 diunduh 9 januari 2018
Ghufron, M. Nur dan Risnawita. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Giandi, A, F. Dkk. 2012. Perilaku Komunikasi. Pecandu Game Online Dengan Menggunakan Game Online. E-Journal Mahasiswa Universitas Padjajaran Vol. 1. No. 1. Hal 1-39
Sugiyono .2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan (Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Jaffray. 2017. Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar. eJournal ilmu komunikasi. Vol. 15, No. 2(online) tersedia http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id di unduh 6 Oktober 2017.
Kurniawan, E, K. 2017. Pengaruh Intesitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Proskatinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling GUSIJANG Vol. 3 No. 1. Universitas PGRI Yogyakarta.
Masyita, A, R. 2016. Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Kecanduan Game Online Pada Pemain Dota 2 Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Sukardi. 2003. Metedeologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara
Suplig, M, A. 2017. Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar. Jurnal Jaffray. Vol. 15. No. 2
Okto Dinata. 2017. Hubungan Kecanduan Game Online Clash Of Clans Terhadap Perilaku Sosial (Studi Kasus Game Online Clash Of Clans Pada Mahasiswa Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Riau).(online) Jom Fisip Volume 4 No.2oktober 2017 tersedia https://media.neliti.com/media/publications/184586-ID-hubungan-kecanduan-game-online-clash-of.pdf diunduh 29 desember 2017
Rika Agustina Amanda.2016. Pengaruh game online terhadap perubahan perilaku agresif remaja di samarinda.(online) Volume 4, Nomor 3,2016. Tersedia http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id diunduh 28 November 2017
Yeny Nabilla Akmarina.2 016. Pengaruh Bermain Game Online terhadap Efektifitas Berkomunikasi dalam Keluarga Di Kelurahan Swarga Bara Kota Sangatta Kab. Kutai timur. (online). Volume 4, Nomor 1, 2016 . tersedia : http://ejournal.ilkom.fisipunmul.ac.id/site/wpcontent/uplouds/2016/02/jurnal%20yeni%nabilla%20fix%20(02-29-16-07-04-45).pdf. Diunduh 26 November 2017.