EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS X DI SMAN 1 MOJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RISTA SRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0127

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa banyak siswa yang tingkat kedisiplinan rendah, terbukti dari masih adanya siswa tersebut sering membolos dengan jumlah 14 siswa, sering terlambat datang ke sekolah dengan jumlah 10 siswa, banyaknya siswa yang tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, dan seringnya para siswa tidak mengumpulkan tugas rumah dari guru. Upaya untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dapat menggunakan teknik sosiodrama.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian pre experimental design dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X – IPS 3 di SMAN 1 Mojo yang memiliki tingkat disiplin rendah pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, adapun pertimbangan atau kriteria yang dimaksud adalah siswa yang memiliki kedisipilan sangat rendah, sampel dalam penelitian ini adalah 10 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t pired sample t-test.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilaisignifikansebesar 0,000 < 0,05 atau thitung sebesar 28,684> ttabel sebesar 1,833maka H0ditolak Haditerima. Hal ini berarti ada pengaruh teknik sosiodrama untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas X-IPS 3 SMA Negeri 1 Mojo kabupaten Kediri.

Berdsarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik sosiodrama untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa, sehingga disarankan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dapat melakukan layanan bimbingan teknik sosiodrama. Bagi Konselor hasil penelitian ini dapat memberikan bahan masukan bagi konselor, tentang pentingnya layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Bagi Peserta didik Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan bantuan bagi peserta didik agar dapat meningkatkan kedisiplinan

KATA KUNCI  : Teknik Sosiodrama, Kedisiplinan


Keyword

a

Reference

Erawan.2014. Penggunaan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Berwawancara Dengan Berbagai Kalangan Pada Siswa Kelas VIII SMP Mutiara Singaraja. Jurnal Santiaji Pendidikan, Vol. 4 (1):187-216.

Fiana. 2013 Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. (Online), tersedia: http://ejournal.unpac.id/index.php/kons, diunduh 7 Desember 2017.

Romlah, T. 2013. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Malang.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif  Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Pertama. Yogyakarta : Upp Stim Ykpn.

Winkel. W.S dan M.M Sri Kastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pndidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI