Ayatus Sifa: Efektivitas Sosiodrama Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X Tkj 1 Smkn 1 Ngasemtahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Bimbingan Konseling FKIP UN PGRI Kediri, 2018Mei
Sosiodrama adalah permainan peranan yang ditujukan untuk memecahkan masalah sosial yang timbul dalam hubungan antara manusia. Teknik sosiodrama dimaksudkan untuk mencegah berkembangnya masalah atau kesulitan pada diri siswa dalam membuat rencana dan keputusan yang tepat.rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah sosiodrama efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas X TKJ 1 SMKN 1 Ngasem tahun ajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen, desain one group prettest posttest design dengan subyek penelitian terdiri dari 7 siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar instrumen angket prokrastinasi akademik, naskah sosiodrama, kuisioner prokrastinasi akademik. Peneliti menggunakan uji wilcoxon dan hasil uji tersebut menunjukkan bahwaAsym Sig (2-tailed) menujukkan 0,018 > 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa sosiodrama efektif dan layak untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan: (1) Tujuan sosiodrama adalah suatu teknik permain peran untuk,membantu konselor dalam menangani masalah siswa/konseli sehingga siswa dapat mengembangkan pemahan dalam diri dan sosialnya, (2) Guru BK perlu memperhatikan sifat dan kebiasaan yang dimiliki siswa karena dengan melakukan konseling kelompok menggunakan teknik sosiodrama siswa dapat mengurangi menunda-nunda mengerjakan tugas-tugasnya dengan tepat waktu.
Kata kunci:sosiodrama, prokrastinasi akademik
Astrid. 2015. Anak Suka Menunda-Nunda Mengerjakan Tugas Sekolah? Kenali (23/2/2015)– Detikhealth. Jakarata:Ar-Ruzz Media. (Online), Tersedia:https://health.detik.com/read/2015/02/23/122535/2839996/1301/anak-suka-menunda-nunda-mengerjakan-tugas-sekolah-kenali-sebabnya, di unduh 14 Januari 2018.
Romlah. 2013. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok.. Penerbit Universitas Negeri Malang.
Santoso, S. 2014. StatistikParametik. Edisi Revisi. JAKARTA. Gramedia.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendektan Kuantitatif,Kualitatif, R&D . Bandung : Alfabeta.
Ursia, N.R, dkk. 2013. Prokrastinasi Akademik Dan Self-Control Pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya, Surabaya 60292, Indonesia (Online) Tersediahttps://www.researchgate.net/publication/275715562_Prokrastinasi_Akademik_dan_Self_Control_pada_Mahasiswa_Skripsi_Fakultas_Psikologi_Universitas_Surabaya