EFEKTIVITAS TEKNIK SIMULATION GAMES BERBASIS PERMAINAN RODA BERPUTAR UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI IPS 2 DI SMA NEGERI 1 GROGOL TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RAMA WAHYU RUSIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0125

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti saat melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL),bahwa adanya permasalahan yang timbul salah satunya ialah kurangnya kepercayaan diri siswa pada saat tampil di depan kelas. Siswa yang memiliki rasa percaya diri yang kurang cenderung pendiam, jarang berkomunikasi, dan cenderung lebih tertutup. Kurang percaya diri bukan timbul dari lingkungan baru akan tetapi hal itu merupakan sebuah perasaan dimana seseorang tidak nyaman, dari rasa ketidak nyamanan timbul rasa malu dan takut untuk melakukan sesuatu terkadang juga merasa minder dan iri dengan orang yang lebih percaya diri. Permasalahan penelitian ini adalah apakah teknik Simulation Game Berbasis Permainan Roda Berputar efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kususnya pada kelas XI IPS 2 SMAN 1 Grogol tahun ajaran 2018/2019?

            Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik one grub pretest dan posttest design Kemudian data dikumpulkan menggunakan skala kepercayaan diri yang berjumlah 32 item. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 3 tahapan, menggunakan instrumen pretest, perlakuan penelitian, menggunakan instrument posttest. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa, dan sampel yan di ambil sebanyak 9 siswa. Selanjutnya mengelolah hasil skala kepercayaan diri yang berasal dari skor setiap sampel.     

            Dari hasil perhitungan thitung diperoleh nilai -4,935 kemudian dibandingkan dengan angka ttabel sebesar 1,688 yang diperoleh dari df = N-1 dengan taraf signifikasi 0,05, hasilnya thitung > dari ttabel yaitu - 4,935 > 1,589 hal ini dapat diartikan bahwa ada berbedaan antara thitung dengan ttabel sehingga hasil yang diperoleh signifikan. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil thitung -4,935 dan ttabel 1,688 sehingga -4,935 > 1,589 pada taraf signifikansi 0,05 Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik simulation game berbasis roda berputar efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.

            Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan (1) tujuan simulation games merupakan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa agar siswa berani tampil di depan kelas maupun di depan umum di lingkungan sosialnya. (2) Guru perlu memperhatikan sifat yang dimiliki siswa karena dengan memperhatikan sifat siswa melalui tindakan langsung dengan menggunakan bimbingan konseling kelompok menggunakan teknik simulation games berbasis permainan roda berputar dengan demikian siswa bisa berproses untuk meningkatkan kepercayaan diri agar berani tampil di depan kelas dan tampil secara umum dengan lingkungan sosial.

 

KATA KUNCI : Simulation Game , Kepercayaan Diri


Keyword

Simulation games Kepercayaan diri

Reference

Fatcurahman, M & herlan praktiko, jurnal psikologi Indonesia September 2012. Kepercayaan diri, kematangan emosi, pola asuh orang tua demokratis dan kenakalan remaja. Jurnal psikologi Indonesia, (online), vol. 1, no 2, hal 77-87, tersedia: http://jurnal.untagsby.ac.id/index.php/persona/article/download/27/33, diunduh 6 Desember 2017.

Ghufron, M. Nur, & Rini Risnawita S. 2016. Teori-Teori Psikologi. AR-RUZZ  MEDIA.

Irawan Edi, Ainur Rosidah, & Sofwan Adiputra. Pengembangan Teknik Permainan Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa. Jurnal fokus konseling, (online), vol. 1, no 1, hal 13-22.https://media.neliti.com/media/publications/162835-ID-pengembangan-teknik-permainan-dalam-laya.pdf. Diunduh 7 januari2018.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade