EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X DI SMAN 3 KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

VIAN YUNI RUSITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0124

Abstract

                                                                                                     ABSTRAK

 

            Penelitian ini berdasarkan hasil pengamatan peneliti, bahwa ada siswa yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal rendah. Upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan memberikan layanan BK dengan teknik sosiodrama.  Permasalahan penelitian ini apakah teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa?

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMA Negeri 3 Kediri. Teknik penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X, dan sampel 8 siswa kelas X yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah. Penelitian ini dilakukan dengan 3 tahapan, menggunakan instrumen pretest, perlakuan penelitian, mengggunakan instrumen posttest.

            Hasil analisis data menggunakan Paired Sample t-Test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t hitung 11.384≥ t tabel 2.364 pada taraf signifikansi 5%, maka hipotesis dalam penelitian yang diajukan diterima. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMAN 3 Kediri tahun ajaran 2017/2018.

            Kesimpulan hasil penelitian ini adalah teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMAN 3 Kediri tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) guru BK dapat menjalankan teknik sosiodrama sebagai referensi terbaru tentang perkembangan teknik bimbingan kelompok yang tidak akan menjenuhkan bagi siswa, (2) bagi peneliti selanjutnya yang akan mengadakan penelitian terkait teknik sosiodrama dapat menggunakan teknik-teknik bimbingan kelompok yang lebih variant sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa.

 

 

KATA KUNCI  : sosiodrama, komunikasi interpersonal


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Romlah, T. 2013. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suranto, A.W. 2011.  Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zuhara. 2015. Efektivitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1 (1). (Online), tersedia: https://www.researchgate.net/.../Jurnal_Edukasi, diunduh 25 April 2018.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI