efektivitas teknik problem solving untuk meningkatkan pemahaman diri siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

ANANDA PRASTIWI PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0116

Abstract

                                                                                                              ABSTRAK

 

Penelitian ini didasarkan hasil pengamatan peneliti, bahwa ada siswa memiliki pemahaman diri yang rendah. Siswa yang memiliki pemahaman diri yang rendah ditandai dengan problem yang dialaminya misalkan kurang toleransi, mudah tersinggung, mudah putus asa, tidak dapat memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang efektif, serta kurangnya memiliki semangat dalam belajar, kurang memiliki rasa percaya diri. Sebagai upaya meningkatkan pemahaman diri maka perlu adanya layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving.

Permasalahan penelitian ini adalah Apakah teknik problem solving efektif untuk meningkatkan pemahaman diri siswa kelas XI PBK 1 SMK Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2017/2018?

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian pre- eksperimental design dengan bentuk desain one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dikelas XI PBK 1 di SMK Negeri 2 Kediri. Sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel dengan Purposive sampling dan didapatkan sebanyak 17 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t sampel berpasangan (paried sample t test).

Hasil penelitian ini, menunjukkan hasil thitung  = 14,067 dan ttabel dengan db N-1= 35 berarti thitung >ttabel, 14,067 > 1,690 pada taraf signifikan 5%, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini ada efektivitas pemberian teknik problem solving terhadap pemahaman diri peserta didik. Pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving membantu siswa yang kurang mengerti akan dirinya sendiri, sehingga disarankan memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat dilakukan dalam meningkatkan pemahaman diri.

                     Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, bahwa ada efektivitas pemberian teknik problem solving terhadap pemahaman diri peserta didik. Jika dilihat dari rata-rata setelah pemberian bimbingan kelompok teknik problem solving lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai rata-rata sebelum pemberian bimbingan kelompok teknik problem solving yaitu sebesar (120,722 > 86,889). Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan pemahaman diri siswa setelah pemberian bimbingan kelompok teknik problem solving.

 

 

KATA KUNCI  : Teknik problem solving, pemahaman diri.

 


Keyword

a

Reference

                                                                                                              DAFTAR PUSTAKA

Djumhur dan Moh. Surya 1975. Bimbingan dan Penyuluhan Disekolah. Bandung: CV.Bina Ilmu.

Gazda, G.M. 1978 Group Counseling : A Developmental Approach. Boston : Ally and Bacon. (http://ejournal.stkipm pringsewu-lpg.ac.id/in dex.php/fokus. diunduh 1   Desember 2017).

Romlah, T. 2013. Teori dan Praktik bimbingan kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rusmana, N. 2009. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santrock, John W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja edisi kesebelas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Suharman. 2005. Psikologi Kognitif. Surabaya: Srikandi.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI