PERSEPSI SISWA TENTANG PRIBADI KONSELOR TERINTEGRASI EMPATI DI SMA NEGERI 6 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ADINDA BELA NEGARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0115

Abstract

ABSTRAK

 

           

 

 

KATA KUNCI: persepsi, pribadi konselor, empati

 

Informasi yang diperoleh saat peneliti melakukan Praktek Penilaian Lapangan (PPL) saat peneliti masuk kelas terdapat beberapa siswa yang mengemukakan bahwa Konselor di sekolahnya kurang berempati kepada siswa di sekolahnya, terlihat dari sikap, raut muka konselor, dan berbagai hal yang di lihat oleh siswa. Berdasarkan fenomena di lapangan tersebut, maka pertanyaan peneliti yaitu: bagaimana Persepsi Siswa Tentang Pribadi Konselor Terintegrasi Empati di SMA Negeri 6 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik studi deskriptif. Penelitian ini menggunakan subyek sebanyak 5 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini instrumen pedoman wawancara mendalam, pedoman observasi dan catatan dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan mengenai pribadi konselor yang terintegrasi empati yaitu; (1) Konselor mampu peka terhadap perasaan orang (2) Konselor mampu mendengarkan pembicaraan orang lain dengan baik (3) Konselor mampu peka terhadap bahasa non verbal (4) Konselor mampu mengambil peran (5) Konselor  mampu dapat mengendalikan diri dalam membantu memecahkan masalah. Kesimpulan dari penelitian mengenai persepsi siswa tentang Konselor terintegrasi empati bahwa Konselor di sekolahnya telah menerapkan sikap empati  sesuai dengan aspek dari empati. Konselor di SMA Negeri 6 juga telah mengimplementasikan sikap empati yang di milikinya dengan baik serta mampu menerapkan sesuai dengan aspek empati. Saran dari penelitian ini yaitu; (1) Konselor untuk lebih meningkatkan dan mempertahankan kualitas empati yang di milikinya (2) Siswa diharapkan untuk memiliki presepsi yang baik kepada Konselor agar lebih terbuka terhadap Konselor (3) Sekolah di harapakan sekolah memfasilitasi Konselor untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas empati Konselor (4) Untuk peneliti selanjutnya di harapkan melakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai empati yang dimiliki konselor, agar data yang didapattkan lebih mendetail.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Amin, Zakki. 2016. Kualitas Pribadi Konselor. Universitas Negeri Semarang.Skripsi. (Online), tersedia: https://docs.google.com/viewerng/viewer?url=https://pdflegend.com/downloadFile/59fa30f4d64ab23ff0c92335?preview%3D1. Diunduh 26 November 2017

 

Hasyim. 2016. Persepsi Siswa Tentang Proses Pembelajaran Oleh Gurunon PKN di SMA Bina Mulya Kedaton Bandar Lampung. Jurnal Bio-Natural, Volume III No. 2, September 2016.  (Online), tersedia: http://download.portalgaruda.org/article. Diunduh 26 November 2017.

 

Kurniawati. 2013. Hubungan antara Persepsi Siswa terhadap tentang Kemampuan Empati Konselor dengan Sikap Siswa terhadap Layanan Konseling Individu pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Doplang Blora. (Online), tersedia: http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/7344/1/T1_132008031_BAB%20I.pdf. Diunduh 26 November 2017.

 

Maulida, Ina. 2012. Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.(Online), tersedia: http://eprints.uny.ac.id/16139/4/3.%20BAB%20II.pdf. Diunduh 26 November 2017.

 

Moelong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Oktaviani, ND. 2013. Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Aktivitas dan Prestasi Belajar Ekonomi Kelas X SMA Negeri 10 Yogyakarta. (Online), tersedia:http://eprints.uny.ac.id/16139/4/3.%20BAB%20II.pdf. Diunduh pada 26 November 2017.

 

Purnama, Diana. 2011. Landasan Spiritual BK. (Online), tersedia: http://staffnew.uny.ac.id/upload/132310878/pendidikan/landasan-spiritual.pdf diunduh 26 November 2017. Diunduh pada 27 November 2017.

 

Sedayana, Gede. 2014. Pengembangan Pribadi Konselor. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Stiyowati, Sulis. 2013. Hubungan antara Persepsi Siswa terhadap Pribadi Konselor dan Fasilitas BK dengan Minat Siswa untuk Memanfaatkan Layanan Konseling di Sekolah. Jurnal BK UNESA. Volume 03 Nomor 01 Tahun 2013, 341- 349. (Online), tersedia: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/3534 diunduh 18 Agustus 2017.

 

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD) Cetakan Ke 24. Bandung: Penerbit Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI