Abstrak
Nita Naviri: Profil kepuasan siswa tentang kompetensi empati konselor, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.
Kata kunci: kepuasan siswa, kompetensi empati konselor.
Kepuasan siswa merupakan suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan siswa dipenuhi. Namun tanggapan siswa dalam layanan bimbingan klasikal yang diberikan adalah pada saat guru BK masuk kelas dan memberikan layanan klasikal, beberapa siswa kurang memperhatikan layanan yang diberikan guru BK, kurangnya mengetahui manfaat sebenarnya dari layanan yang diberikan oleh guru BK dan profil pribadi empati yang memang tidak selalu ditunjukan oleh guru BK saat memberikan layanan klasikal pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik studi deskriptif. Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 5 siswa di SMK Negeri 1 Kediri. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumentasi dan catatan di lapangan. Pertanyaan penelitian dalam riset ini adalah (1) bagaimana profil kepuasan siswa terhadap pelaksanaan layanan klasikal yang diberikan oleh guru BK, (2) bagaimana profil pribadi konselor empati dalam pemberian layanan klasikal pada siswa di SMK Negeri 1 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) profil kepuasan siswa terhadap pelaksanaan layanan klasikal yang diberikan oleh guru BK meliputi ketiga siswa kelas XI TGB merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh guru BK;namun dari kedua siswa yaitu kelas XI TOI dan XI TPM 3 kurang puas terhadap layanan yang diberikan (2) profil pribadi konselor empati dalam pemberian layanan klasikal pada siswa yaitu bahwakelima siswa senang terhadap kompetensi atau pribadi konselor empati yang dimiliki oleh guru BK nya; namun dari kedua siswa dari XI TOI dan XI TPM 3 masih belum dapat dikatakan jika konselor memiliki kompetensi empati konselor yang baik dalam pemberian layanan terutama pada layanan klasikal, namun sudah cukup baik. Saran yang diberikan yaitu; peneliti berharap untuk peneliti selanjutnya dapat memunculkan ide-ide kreativitas untuk dijadikan referensi dalam membangun dan meningkatkan kompetensi empati konselor khususnya pribadi konselor empati dalam pemberian layanan klasikal pada siswa.
Kata kunci: kepuasan siswa, kualitas kinerja konselor
DAFTAR PUSTAKA
Azizah, Muslimatun Dian. 2013.
Mengurangi Perilaku Agresif Melalui Layanan Klasikal Menggunakan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Pegirikan 03 Kabupaten tegal. Skripsi. Semarang: FKIP UNNES (Online) tersedia : http://lib.unnes.ac.id/17874/1/1301409046.pdf, diunduh 22 November 2017
Fatmawijaya, Andriyani Heru. 2015.
Studi Deskriptif Kompetensi KepribadianKonselor Yang Diharapkan Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseing Indonesia, 4 (2). (Online) tersedia: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=452140&val=7242&title=Studi%20Deskriptif%20Kompetensi%20Kepribadian%20Konselor%20yang%20Diharapkan%20Siswa, diunduh 17 November 2017
Moleong J. Lexy. 2014. Metodologi
Penelitian kualitatif Edisi Revisi. Bandung :PT Reamaja Rosdakarya.
Sedanayasa, Gede. 2014.
Pengembangan Pribadi Konselor. Yogyakarta: GrahaIlmu.
Susilowati, Any. 2014. Kepuasan Siswa
Terhadap Layanan Bimbingan Konseling Di SMKN 1 Badegan Ponorogo.Jurnal Hisbah, 1(1). (Online) tersedia:http://ejournal.uinsuka.ac.id/dakwah/hisbah/article/download/157/151, diunduh 22 Oktober 2017
Ufie, Agustinus. 2013. Kearifan lokal
(local Wisdom) budaya ain niainmasyarakat kei sebagai sumber belajar sejarah lokal untuk memperkokoh kohesi siswa (studi deskriptif analisis terhadap nilai kearifan lokal sebagai sumber belajar sejarah lokal pada siswa SMA Negeri 1 Kei Kecil Kab. Maluku Tenggara). Skripsi. Bandung: Universitas pendidikan indonesia (Online) tersedia : https://anzdoc.com/download/bab-iii-metodologi-, diunduh 22 April 2018