PROFIL KEPUASAN SISWA TENTANG KOMPETENSI EMPATI KONSELOR DI SMK NEGERI 1 KEDIRI


Author (Penulis)

NITA NAVIRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0112

Abstract

Abstrak

 

Nita Naviri: Profil kepuasan siswa tentang kompetensi empati konselor, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

 

Kata kunci: kepuasan siswa, kompetensi empati konselor.

 

Kepuasan siswa merupakan suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan siswa dipenuhi. Namun tanggapan siswa dalam layanan bimbingan klasikal yang diberikan adalah pada saat  guru BK masuk kelas dan memberikan layanan klasikal, beberapa siswa kurang memperhatikan layanan yang diberikan guru BK, kurangnya mengetahui manfaat sebenarnya dari layanan yang diberikan oleh guru BK dan profil pribadi empati yang memang tidak selalu ditunjukan oleh guru BK saat memberikan layanan klasikal pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik studi deskriptif. Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 5 siswa di SMK Negeri 1 Kediri. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumentasi dan catatan di lapangan. Pertanyaan  penelitian dalam riset  ini adalah (1) bagaimana profil kepuasan siswa terhadap pelaksanaan layanan klasikal yang diberikan oleh guru BK, (2) bagaimana profil pribadi konselor empati dalam pemberian layanan klasikal pada siswa di SMK Negeri 1 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) profil kepuasan siswa terhadap pelaksanaan layanan klasikal yang diberikan oleh guru BK meliputi ketiga siswa kelas XI TGB merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh guru BK;namun dari kedua siswa yaitu kelas XI TOI dan XI TPM 3 kurang puas terhadap layanan yang diberikan (2) profil pribadi konselor empati dalam pemberian layanan klasikal pada siswa yaitu bahwakelima siswa senang terhadap kompetensi atau pribadi konselor empati yang dimiliki oleh guru BK nya; namun dari kedua siswa dari XI TOI dan XI TPM 3 masih belum dapat dikatakan jika konselor memiliki kompetensi empati konselor yang baik dalam pemberian layanan terutama pada layanan klasikal, namun sudah cukup baik. Saran yang diberikan yaitu; peneliti berharap untuk peneliti selanjutnya dapat memunculkan ide-ide kreativitas untuk dijadikan referensi dalam membangun dan meningkatkan kompetensi empati konselor khususnya pribadi konselor empati dalam pemberian layanan klasikal pada siswa.

 

Kata kunci: kepuasan siswa, kualitas kinerja konselor


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Azizah, Muslimatun Dian. 2013.

 Mengurangi Perilaku Agresif Melalui Layanan Klasikal Menggunakan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Pegirikan 03 Kabupaten tegal. Skripsi. Semarang: FKIP UNNES (Online) tersedia :                   http://lib.unnes.ac.id/17874/1/1301409046.pdf, diunduh 22 November 2017

Fatmawijaya, Andriyani Heru. 2015.

Studi Deskriptif Kompetensi KepribadianKonselor Yang Diharapkan Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseing Indonesia, 4 (2). (Online)              tersedia: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=452140&val=7242&title=Studi%20Deskriptif%20Kompetensi%20Kepribadian%20Konselor%20yang%20Diharapkan%20Siswa, diunduh  17  November 2017

Moleong J. Lexy. 2014. Metodologi

 Penelitian kualitatif Edisi Revisi. Bandung :PT Reamaja Rosdakarya.

Sedanayasa, Gede. 2014.

Pengembangan Pribadi Konselor. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Susilowati, Any. 2014. Kepuasan Siswa

 Terhadap Layanan Bimbingan Konseling Di SMKN 1 Badegan Ponorogo.Jurnal Hisbah, 1(1). (Online) tersedia:http://ejournal.uinsuka.ac.id/dakwah/hisbah/article/download/157/151, diunduh  22 Oktober 2017

Ufie, Agustinus. 2013. Kearifan lokal

   (local Wisdom) budaya ain niainmasyarakat kei sebagai sumber belajar sejarah lokal untuk memperkokoh kohesi siswa (studi deskriptif analisis terhadap nilai kearifan lokal sebagai sumber belajar sejarah lokal pada siswa SMA Negeri 1 Kei Kecil Kab. Maluku Tenggara). Skripsi. Bandung: Universitas pendidikan indonesia (Online)        tersedia : https://anzdoc.com/download/bab-iii-metodologi-, diunduh 22 April 2018

 

 


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI