PROFIL KEPUASAN SISWA TENTANG KUALITAS KINERJA KONSELOR DALAM MEMBERIKAN LAYANAN BIMBINGAN KELAS XI DI SMK PEMUDA PAPAR


Author (Penulis)

NIA WARISMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0110

Abstract

Abstrak

 

Kepuasan siswa merupakan tanggapan perasaan siswa terhadap pengalaman yang didapat di sekolah dengan harapannya, namun tanggapan siswa tentang guru BK jarang memberikan layanan bimbingan di kelas, sehingga kedekatan dengan siswa kurang dan hal itu membuat siswa tidak merasakan kepuasan dalam layanan bimbingan yang diberikan oleh guru BK. Hambatan lain muncul dari siswa sendiri yaitu tidak semua siswa merasakan kepuasan terhadap layanan bimbingan yang diberikan oleh Guru BK, juga karena merasa kurangnya manfaat yang diperoleh siswa mengikuti pelayanan BK, karena siswa yang tidak mendapatkan kepuasan setelah diberikanya layanan bimbingan dan konseling akan mengeluh. Pertanyaan penelitian dalam riset ini adalah (1) Bagaimana profil kepuasan siswa tentang kualitas kinerja konselor di SMK Pemuda Papar? (2) Bagaimana profil kualitas kinerja konselor di SMK Pemuda Papar?. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik studi deskriptif. Penelitian ini mengambil subjek sebanyak 5 siswa di SMK Pemuda Papar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen pedoman wawancara, pedoman observasi, dokumentasi dan catatan di lapangan Berdasarkan hasil penelitian diatas diperoleh bahwa (1) profil kepuasan siswa tentang kualitas kinerja konselor di SMK Pemuda Papar terdapat tiga siswa MC, MW, AS puas terhadap layanan yang diberikan oleh guru bk pada saat memberikan pelayanan bimbingan dan konseling dan dua siswa SR, EM kurang puas dengan layanan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling. MC, MW, AS, SR mengemukakan pendapat kurang ketersediaan sarana prasarana bimbingan dan konseling sehingga terlihat masih belum merasakan kenyamanan dalam ruang BK. Hanya satu siswa EM yang berpendapat sudah cukup merasakan kenyamanan (2) profil kualitas kinerja konselor di SMK Pemuda Papar meliputi lima dimensi yaitu: bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy). Kelima dimensi tersebut saling mendukung untuk dapat terwujudnya suatu kualitas pelayanan yang baik. Hanya saja pada aspek kehandalan (reliability) empat siswa MC, MW, AS, EM berpendapat ketepatan jadwal kurang tepat sesuai dengan yang dijanjikan. Saran yang diberikan yaitu pelayanan BK masih perlu ditingkatkan kualitas kinerjanya dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling.

 

Kata kunci: kepuasan siswa, kualitas kinerja konselor


Keyword

a

Reference

Amalia, Ficky Retno. Badrujaman, Aip. dan

Tjalla, Awaluddin. 2016. Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Konseling Individual. Jurnal Bimbingan Konseling. (Online), 5 (01), tersedia: journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/download/1647/1295, diunduh 03 Desember 2017.

Moleong J. Lexy. 2014. Metodologi   Penelitian Kualitatif Edisi Revisi.        Bandung :       PT Reamaja             Rosdakarya.

Muslikh. 2008. Nomor 27 Tahun 2008           tentang Standar Kualifikasi Akademik            Dan Kompetensi Konselor. (Online),     tersedia:

http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/tenaga/permen_27_Th-2008.pdf,  diunduh 26 Desember 2017.

Susilowati, Any. 2014. Kepuasan Siswa        Terhadap Layanan Bimbingan Dan    Konseling Di SMKN 1 Badegan             Ponorogo. Jurnal Hisbah, 11(1).        (Online), tersedia:       ejournal.uinsuka.ac.id/dakwah/hisbah            /article/download/157/151, diunduh   29 Desember 2017.

Ufie, Agustinus. 2013. Kearifan lokal (local Wisdom) budaya ain ni ain     masyarakat kei sebagai sumber             belajar sejarah lokal untuk      memperkokoh kohesi siswa (studi       deskriptif analisis         terhadap nilai             kearifan local sebagai sumber belajar            sejarah lokal pada siswa SMA Negeri            1 Kei Kecil Kab. Maluku Tenggara).     Bandung: Universitas pendidikan      Indonesia (Online)      tersedia :             https://anzdoc.com/download/bab-iii-            metodologi-,  diunduh 22 April 2018.

Purnama, Diana Septi. Landasan Spiritual     Bk. (Online), tersedia:             http://staffnew.uny.ac.id/upload/1323            10878/pendidikan/landasan    spiritual.pdf, diunduh 03 Desember   2017.

 


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI