Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di SMK PAWYATAN DHAHA 3 Kediri


Author (Penulis)

EVINA NISKE ANDRIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0108

Abstract

ABSTRAK

 

      Prestasi belajar adalah taraf keberhasilan murid dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor. Sedangkan disiplin belajar  merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki siswa agar memiliki kebiasaan belajar yang baik. Keduanya penting dalam pendidikan belajar serta dipandang memiliki karakter/hubungan. Dari penjelasan di atas dapat ditarik tujuan masalah yaitu Sesuai dengan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubugan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X di SMK Pawyatan Daha Kota Kediri.

     Penelitian ini menggunakan pendekatan  kuantitatif dengan  teknik  penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 323 siswa kelas X SMK Pawyatan Daha 3 Kediri. Sampel diambil dengan teknik sampling cluster proposional random sampling dan didapatkan sebanyak 50 siswa dari perwakilan masing-masing jurusan (cluster). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis Korelasi Pearson Product Moment.

     Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung > rtabel (0,567 > 0,279) dengan taraf signifikan 5% yang berarti ada hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas X SMK Pawyatan Daha 3 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disarankan bagi: (1) Konselor dapat membantu siswa dalam upaya meningkatkan disiplin belajarnya dengan cara memberikan arahan untuk tetap mengatur belajarnya agar prestasinya tetap maksimal. Selalu menasehati untuk kegiatan belajar agar tetap konduksif, (2) Bagi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya sebaiknya siswa meningkatkan disiplin belajar, karena disiplin belajar merupakan suatu hal yang penting dalam suatu kegiatan yang harus dikerjakan agar prestasinya meningkat. Siswa membiasakan diri untuk bersikap disiplin baik itu di sekolah maupun di rumah, (3) Bagi kepala sekolah atau pihak sekolah agar lebih memperhatikan dan memberi tugas dan di kerjakan dengan baik agar prestasi belajar tetap baik dan mendisiplinkan belajar dengan konduksif, dan (4) Bagi peneliti selanjutnya, untuk melakukan penelitian mengenai permasalahan disiplin belajar dan prestasi belajar yang terjadi di sekolah dan cara penyelesaiannya. Di teliti dengan metode penelitian lainnya seperti eksperimen, sigk subyek design, ptbk, dll.

 

 

Kata Kunci : disiplin belajar,  prestasi belajar


Keyword

Disiplin Belajar, Prestasi Belajar

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu. 2014. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

 

Arikunto.2014. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

 

Fajriani, dkk. 2016 Self Management Untuk Meningkatkan Kedisipli-nan Belajar Siswa Studi Kasus Di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Pencerahan. 10 (2). (Online), tersedia: http://www. jurnal.unsyiah.ac.id/JPP/article/download.

 

Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

 

Ngalim Purwanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

 

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

 

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

 

Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade