Abstrak
Fani Marera Agustin: Efektivitas Teknik Home Room untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Siswa Kelas X TKRO 1 di SMK Negeri 1 Ngasem Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Bimbingan dan Konseling FKIP UN PGRI Kediri, 2018
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa konsentrasi belajar siswa kelas X TKRO 1 di SMK Negeri 1 Ngasem konsentrasi belajarnya tergolong rendah. Rumusan masalah yang diambil adalah “apakah teknik home room efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada siswa kelas X TKRO 1 di SMK Negeri 1 Ngasem Tahun Pelajaran 2018/2019?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKRO 1 di SMKN 1 Ngasem sebanyak 34 siswa, dengan sampel penelitian kelas X TKRO 1 sebanyak 10 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala konsentrasi belajar. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,965. Penelitian ini menggunakan paired sample t-test untuk mengetahui keefektivan teknik home room untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh hasil = 11,520 dan ttabel dengan df= n-1= 9 berarti thitung >ttabel, 11,520 > 2,262, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa teknik home room efektif untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas X TKRO 1 di SMK Negeri 1 Ngasem.
Kata kunci: home room, konsentrasi belajar, siswa SMK
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Nugroho, W.D. 2015. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Home Room dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa VIII Di SMP Negeri 1 Rakit Kabupaten Banjarnegara. Disertai. Tidak dipublikasikan. Banjarnegara.
Romlah, T. 2013. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Jakarta: Universitas Negeri Malang.
Setiani, A.C. 2014. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Karangcegak. Skripsi. Purbalingga: Universitas Negeri Semarang.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD) Cetakan Ke 24. Bandung: Penerbit Alfabeta.