Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kedisiplinan Siswa Kelas X SMAN 5 Kediri Tahun Ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

YOSI DWI PITAMALA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0105

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kedisiplinan siswa ditandai dengan membolos, tidak lengkapnya atribut sekolah, datang terlambat, dan tidur waktu pelajaran berlangsung.Pelanggaran-pelanggaran tersebut sudah dianggap biasa.Dalam hal ini siswa perlu mengetahui konsep dirinya, karena konsep diri suatu hal yang penting dalam pebentukan perilaku kedisiplinan siswa.Konsep diri merupakan pandangan dan perasaan tentang diri kita sendiri baik bersifat fisik, sosial, maupun psikis, sedangkan kedisiplinan adalah suatu bentuk ketaatan terhadap aturan baik aturan tertulis maupun aturan tidak tertulis yang telah ditetapkan disekolah.Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah hubungan antara konsep diri dengan kedisiplinann siswa kelas X SMAN 5 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 5 Kediri yang berjumlah 360 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 siswa yang cara pengambilannya menggunakan simple random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Product Moment Pearson.Hasil analisis data menunjukkan nilai rhitung 0,753 > 0,232 rtabel.Hal ini berarti ada hubungan yang positif antara konsep diri dengan kedisiplinan pada siswakelas X SMAN 5 Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Dengan demikian semakin positif konsep diri siswa maka kedisiplinan siswa akan semakin meningkat, begitu juga sebaliknya semakin negatif konsep diri siswa maka kedisiplinan siswa akan ikut rendah.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi konsep diri siswa maka kedisiplinan siswa semakin tinggi, sehingga konsep diri memiliki keterkaitan dengan meningkatnya (tinggi/rendahnya) kedisiplinan. Dengan demikian dapat disarankan sebaiknya untuk meningkatkan kedisiplinan, siswa meningkatkan konsep diri.Karena konsep diri merupakan suatu hal yang penting dalam pembentukan perilaku kedisiplinan siswa.

 

 

                                                                                                                                       

KATA KUNCI  : konsep diri, kedisiplinan

 


Keyword

Konsep diri, kedisiplinan

Reference

Andriani, F. R. 2014. Konsep Diri Lingkungan Keluarga dan Kedisiplinan Siswa Berpengaruh  Terhadap Hasil Belajar Materi Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Antartika Sidoarjo. Jurnal (Online), tersedia:

 

Burn, R. B. 1993.Konsep Diri Teori, Pengukuran Perkembangan dan Perilaku. Jakarta: Penerbit Arcan.

Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade