EFEKTIFITAS TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENT SISWA KELAS X TGB 3 SMKN 1 NGASEM TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MAULIDA FATMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0099

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari  pengamatan dan pengalaman  peneliti dalam pelaksanaan kegiatan PPL 2 di SMKN 1 Ngasem, bahwasannya masih banyak ditemukan siswa-siswi yang memiliki self confident rendah. Hal ini ditunjukkan dengan perasaan nervous ketika diminta guru maju di depan kelas, merasa tidak yakin akan kemampuan yang dimiliki, merasa minder. Self confident merupakan kemampuan individu dalam meyakini kemampuan yang dimilikinya merasa yakin akan tindakan yang dilakukan, sehingga merasa mampu mencapai tujuan hidupnya dan memiliki evaluasi diri secara objektif. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan teknik psikodrama untuk meningkatkan self confident siswa menggunakan pada siswa kelas X SMKN 1 Ngasem tahun pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi kelas X TGB 3, penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampel  diambil 9 siswa yang memiliki self confident rendah. Instrumen pengumpul data yang digunakan yakni skala self confident, dengan menggunakan RPLBK self confident sebagai instrumen dalam melaksanakan penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self confident siswa setelah mendapatkan treatment menggunakan teknik psikodrama menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik psikodrama efektif untuk meningkatkan self confident. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test dengan hasil thitung = 28.267 > ttabel = 1.860, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Berdasarkan simpulan penelitian ini, disarankan: (1) Bagi guru BK dapat menggunakan teknik psikodrama apabila suatu saat menjumpai beberapa siswa yang memiliki self confident rendah dan saat pemberian layanan bimbingan. (2) Bagi siswa diharapkan dapat lebih meningkatkan self confident, menyakini akan kemampuan yang dimiliki, belajar untuk menerima keadaan diri. (3) Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian terkait teknik psikodrama ini dengan variabel yang berbeda.


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

 

Azwar, Saifuddin. 2010. Penyusunan Skala Psikologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Djaafar, T. Zahara. 2001. Pendidikan Non Formal Dan Peningkatan Sumber
Daya Manusia Dalam Pembangunan. Padang: FIP UNP.

 

Krisphianti, Yuanita Dwi. 2011. Kemanjuran Teknik Psikodrama Untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Siswa Akselerasi. Universitas Negeri Malang.

 

Setiawan, Pongky. 2014. Siapa Takut Tampil Percaya Diri. Yogyakarta: Parasmu

 

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI