Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan dan pengalaman peneliti dalam pelaksanaan kegiatan PPL 2 di SMKN 1 Ngasem, bahwasannya masih banyak ditemukan siswa-siswi yang memiliki self confident rendah. Hal ini ditunjukkan dengan perasaan nervous ketika diminta guru maju di depan kelas, merasa tidak yakin akan kemampuan yang dimiliki, merasa minder. Self confident merupakan kemampuan individu dalam meyakini kemampuan yang dimilikinya merasa yakin akan tindakan yang dilakukan, sehingga merasa mampu mencapai tujuan hidupnya dan memiliki evaluasi diri secara objektif. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan teknik psikodrama untuk meningkatkan self confident siswa menggunakan pada siswa kelas X SMKN 1 Ngasem tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi kelas X TGB 3, penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sampel diambil 9 siswa yang memiliki self confident rendah. Instrumen pengumpul data yang digunakan yakni skala self confident, dengan menggunakan RPLBK self confident sebagai instrumen dalam melaksanakan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self confident siswa setelah mendapatkan treatment menggunakan teknik psikodrama menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik psikodrama efektif untuk meningkatkan self confident. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan uji paired sample t-test dengan hasil thitung = 28.267 > ttabel = 1.860, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan simpulan penelitian ini, disarankan: (1) Bagi guru BK dapat menggunakan teknik psikodrama apabila suatu saat menjumpai beberapa siswa yang memiliki self confident rendah dan saat pemberian layanan bimbingan. (2) Bagi siswa diharapkan dapat lebih meningkatkan self confident, menyakini akan kemampuan yang dimiliki, belajar untuk menerima keadaan diri. (3) Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian terkait teknik psikodrama ini dengan variabel yang berbeda.
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2010. Penyusunan Skala Psikologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djaafar, T. Zahara. 2001. Pendidikan Non Formal Dan Peningkatan Sumber
Daya Manusia Dalam Pembangunan. Padang: FIP UNP.
Krisphianti, Yuanita Dwi. 2011. Kemanjuran Teknik Psikodrama Untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Siswa Akselerasi. Universitas Negeri Malang.
Setiawan, Pongky. 2014. Siapa Takut Tampil Percaya Diri. Yogyakarta: Parasmu
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.