HUBUNGAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN KENAKALAN REMAJA SISWA KELAS XI SMK PAWYATAN DAHA 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

MIA AMELIA OKTA VIANASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0096

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan adalah adanya kasus-kasus kenakalan yang sering dilakukan siswa di sekolah seperti datang ke sekolah terlambat, sering bolos sekolah, tidak masuk sekolah, merokok di lingkungan sekolah, tidak mematuhi aturan sekolah, buang sampah sembarangan di dalam lingkungan sekolah, suka ngobrol di kelas saat guru menjelaskan pelajaran, dan keluar sekolah dengan loncat pagar tidak melewati gerbang sekolah. Hal ini membuat resah guru-guru walaupun siswa sudah diberi hukuman namun siswa tidak jera dan masih saja sering melakukannya berulang kali. Permasalahan pada penelitian ini adakah hubungan pergaulan teman sebaya dengan kenakalan remaja pada siswa kelas XI SMK PAWYATAN DAHA 2 Kediri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pergaulan teman sebaya dengan kenakalan remaja pada siswa kelas XI SMK PAWYATAN DAHA 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik yang digunakan berupa korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel cluster random sampling digunakan sebanyak 36 responden dan pengambilan datanya menggunakan angket pergaulan teman sebaya dan angket kenakalan remaja, kemudian di analisis regresi linier sederhana dengan software SPSS for windows versi 23. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka di simpulkan bahwa t hitung > t tabel, yakni 3,464 > 1,668 dan dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Hal ini memiliki arti bahwa ada hubungan  antara pergaulan teman sebaya dengan kenakalan remaja pada siswa kelas XI SMK PAWYATAN DAHA 2 Kediri. Dan diharapkan dalam penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam tentang hubungan pergaulan teman sebaya yang pada penelitian ini berhubungan terhadap kenakalan remaja, dan lebih luas lagi objek penelitiannya, agar diperoleh gambaran yang lebih lengkap lagi, sehingga diharapkan hasil penelitian yang akan datang lebih sempurna dari penelitian ini.

 

 

KATA KUNCI  : pergaulan teman sebaya, kenakalan remaja.

 

 

 

 

 

 


Keyword

TEMAN SEBAYA DAN KENAKALAN REMAJA

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.

 

Gunarsa, S. (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Dewasa. Jakarta: Gunung Mulia.

 

Hurlock2001.Psikologi Perkembangan:Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi 5).

 

Irawati, Prihyugiarto, I, 2002. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap Terhadap Perilaku Seksual Pra Nikah pada Remaja di Indonesia. BKKBN.

 

M. Sukron. 2013. Hidup Sehat Ala Punk Hardcore. Bandung.

 

Santrock, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). (Penerj. Tri Wibowo B.S). Jakarta: Kencana.

 

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. (alih bahasa: Mila Rachmawati, Anna Kuswanti). Jakarta: Erlangga.

 

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian  Kuantitatif, Kualitatif  dan R&D.  Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade