HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X TKR SMK KARTANEGARA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RIZKY MUJI SIH ARNANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0095

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih banyak siswa kelas X TKR di SMK Kartanegara Kediri dalam kemandirian belajar masih kurang dan membutuhkan suatu dorongan atau motivasi sehingga sesuatu yang diinginkan dapat tercapai. Efikasi diri memiliki peran yang besar dalam tingkah laku atau pola belajar dalam diri siswa khususnya dalam pembangunan karakter kemandirian dalam belajar dan motivasi belajar. Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Apakah efikasi diri berhubungan dengan kemandirian belajar pada siswa kelas X TKR di SMK Kartanegara Kediri? (2) Apakah efikasi diri berhubungan dengan motivasi belajar pada siswa kelas X TKR di SMK Kartanegara Kediri? (3) Apakah kemandirian belajar berhubungan dengan motivasi belajar pada siswa kelas X TKR di SMK Kartanegara Kediri? (4) Apakah efikasi diri berhubungan dengan kemandirian belajar dan motivasi belajar pada siswa kelas X TKR di SMK Kartanegara Kediri?” Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  X TKR SMK Kartanegara Kediri tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik pengambilan random sampling dan didapatkan sebanyak 30 responden dari perwakilan masing-masing kelas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Product Moment Pearson. Hasil analisis data menunjukkan rhitung efikasi diri sebesar 0,828>0,175 rtabel, sedangkan rhitung kemadirian belajar rhitung 0,868>0,175rtabel dan motivasi belajar sebesar 0,870 >0,175 rtabel, maka H0 ditolak dan H1diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara efikasi diri terhadap kemandirian belajar dan motivasi belajar siswa kelas X SMK Kartanegara Kediri.

Semakin tinggi efikasi diri siswa maka kemandirian belajar dan motivasi belajar siswa akan meningkat, sehingga disarankan sebaiknya untuk meningkatkan kemandirian belajar dan motivasi belajar siswa maka konselor memberikan contoh secara langsung kepada siswa bagaimana cara menumbuhkan dan meningkatkan efikasi diri.

 

Kata kunci  : efikasi diri, kemandirian belajar dan motivasi belajar


Keyword

a

Reference

Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bayu Syahru Fahmi. 2017. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Dan Mengatasi Kesulitan Belajar.Dipublikasikan Malang: UMM  (Online)tersedia: eprints.umm.ac.id, diunduh 20 April 2018.

Fraenkel, J.R dan Wellen, N.E. 2008.How to Design and Evaluate Research in Education.  New York: McGraw-Hill

Maryam Siti. 2015. Self Efficacy Anak didik Pemasyarakatan Di Lapas Anak Kelas II A Blitar. Dipublikasikan Malang: UIN (Online) tersedia: http://etheses.uinmalang.ac.id, diunduh 26 April 2018.

Maryati. 2008. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Keyakinan Diri (Self-efficacy) Dengan Kreativitas Pada Siswa Akselerasi. Dipublikasikan Malang: UIN (Online) tersedia: http://etheses.uinmalang.ac.id, diunduh 26 April 2018

Nirwana. 2015. Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Daerah Binaan IV Kecamatan Cilacap Selatan. Jurnal. Dipublikasikan Semarang: UNNES (Online) tersedia: http://lib.unnes.ac.id, diunduh 19 April 2018

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI