STUDI KASUS PENALARAN MORAL PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PARE TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

ISABELA AYU WIKANING RATRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0090

Abstract

STUDI KASUS PENALARAN MORAL PADA SISWA KELAS XI IPA

SMA NEGERI 1 PARE TAHUN AJARAN 2018/2019

 

Isabela Ayu Wikaning Ratri

14.1.01.01.0090

FKIP – Bimbingan dan Konseling

Dra. Endang Ragil W. P, M.Pd1 dan Santy Andrianie, M.Pd2

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa pada kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Pare memiliki sikap acuh jika dengan guru IPS dan mengganggap bukan gurunya serta kurang dalam hal bersosialisasi. Penelitian ini membahas mengenai gambaran penalaran moral siswa SMA IPA. Definisi penalaran moral sebagai penilaian nilai, penilaian sosial, dan juga penilaian terhadap kewajiban yang mengikat individu dalam melakukan suatu tindakan. Penalaran moral dapat dijadikan prediktor terhadap dilakukannya tindakan tertentu pada situasi yang melibatkan moral. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana penalaran moral siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pare ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek 6 siswa kelas XI IPA dan sekundernya 1 guru BK, 1 guru mata pelajaran IPA (Biologi), 1 guru mata pelajaran umum (Bahasa Indonesia) dan 1 guru mata pelajaran peminatan (Ekonomi) SMA Negeri 1 Pare yang merupakan pilihan dari guru BK. Penelitian ini berjenis studi kasus dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Data dikelola dengan cara mereduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan dari data yang diperoleh, kemudian data diverifikasi data dengan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode untuk membuktikan keabsahan temuan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah siswa pada jurusan IPA adalah siswa yang disiplin dan bertanggungjawab, namun jika dengan guru IPS yang tidak mengajar mereka, mereka tidak mau tahu bahkan menganggap bukan gurunya dan mereka berusaha menunjukkan kepandaian mereka sendiri agar dianggap paling pandai oleh guru dan teman yang lain. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan bahwa: (1) Bagi siswa kelas XI IPA hendaknya mengenal baik semua guru baik guru IPA maupun guru IPS yang mengajar di SMA Negeri 1 Pare. (2) Bagi Guru Bimbingan dan Konseling dapat memberikan layanan bimbingan yang tepat berdasarkan karakteristik penalaran moral siswa IPA di SMA Negeri 1 Pare. (3) Bagi Guru Mata Pelajaran IPA (Biologi) memberi motivasi kepada siswa IPA agar mengenal semua guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Pare baik guru IPA maupun IPS. (4) Bagi Guru Mata Pelajaran Umum (Bhs. Indonesia) menjadikan siswa IPA sebagai contoh bagi siswa yang kurang disiplin. (5) Bagi Guru Mata Pelajaran Peminatan (Ekonomi) meskipun siswa IPA tidak menyukai mata pelajaran IPS bahkan tidak mengenal guru IPS yang juga mengajar di SMA Negeri 1 Pare, tapi melalui mata pelajaran peminatan ini siswa bisa mengenal guru IPS setidaknya yang mengajar di kelasnya.

 

Kata Kunci : penalaran moral, siswa SMA IPA


Keyword

a

Reference

Anhari, Ahmad. 2012. Strategi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja (Studi Tentang Partisipasi Badan Narkotika Kabupaten Sukoharjo). Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta 2012. (Online) tersedia: https://digilib.uns.ac.id, diunduh 24 November 2017.

Dewati, Ratih. 2012. Persepsi Terhadap Kinerja Konselor dan Sikap Dalam Memanfaatkan Layanan Konseling Perorangan. Educational Psychology Journal, (Online) 1 (1), tersedia: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj, diunduh 22 Mei 2019.

Dewi, Chayati Tresna. 2012. Program Bimbingan Pribadi Sosial Meningkatkan Penalaran Moral Siswa. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia, 2012. (Online), tersedia: http://a-research.upi.edu,  diunduh 23 Oktober 2017.

Kasman, Rusdi. 2013. Program Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa (Studi Pengembangan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Setu Bekasi). Jurnal Bimbingan dan Konseling, (Online), 2 (1), tersedia:  www.journal.uad.ac.id, diunduh 28 November 2017.

Kusumawati, Eny. 2010. Studi Kasus Perilaku Hiperaktif dan Faktor Penyebabnya Pada Siswa kelas 3 SD Negeri Mrangen 05 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta 2010. (Online), tersedia: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/12471/MjcwMzI%3D/Studi-kasus-perilaku-hiperaktif-dan-faktor-penyebabnya-pada-siswa-kelas-III-SD-Negeri-Mranggen-05-Kecamatan-Polokarto-Kabupaten-Sukoharjo-tahun-pelajaran-20092010-abstrak.pdf, diunduh 7 Juli 2017.

Nurhani, Laili dkk. 2016. Gambaran Penalaran Moral pada Remaja Pecandu Narkoba (A Description of Moral Reasoning in Teenage Druds Addicts). Skripsi Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat. (Online). tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/195935-ID-gambaran-penalaran-moral-pada-remajs-pec.pdf, diunduh 27 Juni 2019.

Sari, Tapi Yanda. 2011. Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Penalaran Moral pada Remaja Delinkuen. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara Ganjil 2010/2011. (Online), tersedia: http://repository.usu.ac.id>bitstream, diunduh 24 Januari 2020.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zainiyah, Khoirotuz. 2017. Pendidikan Moral Anak Pada Keluarga Broken Home (Studi Kasus di Desa Pucangrejo Kecamatan Gemuh Kabupaten Kendal Tahun 2017). Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Salatiga 2017. (Online), tersedia: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1826/1/KHOIROTUZ%2520ZAINIYAH%2520111%252013%2520005.pdf, diunduh 1 Mei 2018


PUBLISHED

2020-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI