PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIBLIOTHERAPY: TEMA SOSIAL TERHADAP EMPATI SISWA PADA SISWA KELAS X IPA 3 SMAN 5 KOTA KEDIRI TAHUN 2018 / 2019


Author (Penulis)

MADA ARYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0089

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi masih banyak siswa yang kurang memiliki rasa peduli kepada orang lain dan lingkungan sekitarnya. Rendahnya kepedulian di kalangan siswa dapat menyebabkan adanya aksi bullying antar siswa. Kepedulian pada sesama dapat diartikan dengan empati, sehingga perlu adanya upaya untuk mengatasi kurang dan rendahnya kepedulian atau empati seperti melakukan layanan bibliotherapy tema sosial. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh layanan bimbingan menggunakan metode bibliotherapy tema sosial terhadap empati sebagai siswa pada siswa kelas X IPA 3 SMAN 5 Kota Kediri tahun pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre-experimental one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 SMAN 5 Kota Kediri, dengan menggunakan teknik purposive sampling, didapatkan sampel sebanyak 6 siswa yang memiliki empati rendah, berdasarkan hasil pretest siswa dengan menggunakan skala empati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala empati. Hasil dari skala empati siswa dianalisis menggunakan uji t. Uji t yang digunakan adalah paired sample t-test. Berdasarkan hasil  paired sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan treatment dengan bibliotherapy  tema sosial siswa yang memiliki empati rendah sebanyak 6 siswa atau sebesar 100% dan setelah diberikan metode bibliotherapy siswa yang memiliki empati rendah mengalami peningkatan empati sebesar 66,7% memiliki empati sedang dan 33,3% siswa lainnya memiliki empati tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara pemberian layanan bimbingan menggunakan metode bibliotherapy tema sosial terhadap empati siswa pada siswa kelas X IPA 3 SMAN 5 Kota Kediri tahun 2018/2019, sehingga disarankan bagi konselor  untuk memberikan layanan bimbingan konseling dengan teknik bibliotherapy dalam meningkatkan empati siswa. Sedangkan bagi siswa sebaiknya dapat mempunyai kesadaran akan rasa empati sebagai siswa terhadap sesamanya.

kata kunci  : bibliotherapy tema sosial; empati


Keyword

Bibliotherapy, Empati Siswa

Reference

Clarken. 2010. Prosocial and Anti Social Behavior. New York: Routledge.

Eddy, W. M. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Muro & Dinkmeyer. 1980. Guidance and Counseling in the Elementary and Middle Schools: A Practical Approach. Madison, WI: Brown & Benchmark.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rieneka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung : Alfabeta.

Taylor E, Shelley, Dkk. 2009. Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana.


PUBLISHED

2019-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade