STUDI KASUS PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA REMAJA DI DESA TERTEK KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2019


Author (Penulis)

DIMAS RIZKI MIFTALIFIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0086

Abstract

STUDI KASUS PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA REMAJA DI DESA TERTEK KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI

TAHUN 2018

 

Dimas Rizki Miftalifin

14.1.01.01.0086

FKIP – Bimbingan dan Konseling

Dr. Atrup, M.Pd, MM1 dan Santy Andrianie, M.Pd2

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri menjumpai remaja yang melakukan penyalahgunaan narkoba. Awalnya mereka hanya mencoba-coba, namun akhirnya menjadi ketagihan. Penelitian ini membahas mengenai penyalahgunaan narkoba pada remaja. Narkoba adalah obat yang dapat menghilangkan (terutama) rasa nyeri yang dapat menimbulkan efek stupor (bengong masih sadar namun masih harus digertak) serta adiksi. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah apa saja faktor penyebab penyalahgunaan narkoba di Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri ?, Bagaimana bentuk penyalahgunaan narkoba di Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri ?, Apa saja dampak penyalahgunaan narkoba di Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek 3 orang remaja penyalahguna narkoba dan sekundernya 3 ketua RT setempat dan 3 orang tetangga subyek Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Penelitian ini berjenis studi kasus dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Dikelola dengan cara mereduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan dari data yang diperoleh kemudian data diverifikasi dengan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode untuk membuktikan keabsahan temuan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Faktor penyebab penyalahgunaan narkoba para remaja di Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri mengonsumsi narkoba karena rasa ingin tahu dan didukung lingkungan sekitarnya yang juga para pemakai narkoba. (2) Bentuk penyalahgunaannya remaja di Desa Tertek Kecamatan Pare Kabupaten Kediri adalah mengkonsumsi pil double L. (3) Dampaknya mereka mudah sekali emosi hingga melakukan kekerasan tetapi masih bisa bergaul dengan orang yang tidak mengonsumsi narkoba. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Remaja penyalahguna narkoba hendaknya berhenti untuk mengkonsumsi pil double L karena dapat merusak tubuh, bahkan dapat dipenjara. (2) Ketua RT Desa Tertek, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri hendaknya menegur dan menasehati jika mengetahui ada remaja yang mengkonsumsi pil double L. Jika perlu dapat melaporkan pada pihak yang berwajib jika mengetahui ada warga yang mengedarkan pil tersebut. (3) Tetangga remaja penyalahguna narkoba hendaknya tetangga melaporkan kepada RT setempat jika ada remaja yang mengkonsumsi bahkan hingga menumbulkan kerusuhan.

 

 

 

 

Kata Kunci : penyalahgunaan narkoba, remaja

 


Keyword

Penyalahgunaan narkoba, Remaja

Reference

Anhari, Ahmad. 2012. Strategi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja (Studi Tentang Partisipasi Badan Narkotika Kabupaten Sukoharjo), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta 2012. (Online) tersedia: https://digilib.uns.ac.id, diunduh 24 November 2017.

Ayub, Arya Pratama Putra. 2013. Tinjauan Kriminologis Terhadap Penyalahgunaan Narkotika Oleh Sopir Pete-Pete di Makassar (Studi Kasus Tahun 2010-2013), Bagian Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar 2013. (Online) tersedia: https://core.ac.uk>download>pdf, diunduh 16 Mei 2019.

 

 

Kusumawati, Eny. 2010. Studi Kasus Perilaku Hiperaktif dan Faktor Penyebabnya Pada Siswa kelas 3 SD Negeri Mrangen 05 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta 2010. (Online), tersedia: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/12471/MjcwMzI%3D/Studi-kasus-perilaku-hiperaktif-dan-faktor-penyebabnya-pada-siswa-kelas-III-SD-Negeri-Mranggen-05-Kecamatan-Polokarto-Kabupaten-Sukoharjo-tahun-pelajaran-20092010-abstrak.pdf, diunduh 7 Juli 2017.

Simangunsong, Jimmy. 2015. Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja (Studi Kasus pada Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungpinang), Program Studi Ilmu Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang 2015. (Online). tersedia: http://jurnal.umrah.ac.id>E-Jurnal-Jimmy, diunduh 31 Oktober 2017.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. (Online), tersedia: https://peraturan.bpk.go.id, diunduh 3 Februari 2020.

 

 

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitaif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenamedia Group.


PUBLISHED

2020-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade