PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIR PADA SISWA KELAS XII SMK PGRI 2 KERTOSONO TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

MEGA DWI OKTAVIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0085

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa permasalahan yang dihadapi siswa dalam memilih karir sebagian besar sama antara lain: (1) siswa pada umumnya tidak paham dengan potensi dirinya, sehingga ragu-ragu dalam menentukan jurusan atau bidang studi di perguruan tinggi yang diinginkan (2) kurang mengetahui cara memilih program studi (3) kurangnya wawasan dan pemahaman siswa mengenai jurusan yang ada di sekolah, dan diperguruan tinggi (4) siswa belum mempunyai perencanaan yang matang mengenai pendidikan maupun pekerjaan yang akan dipilih nanti (5) Orang tua yang tidak mendukung pilihan karir anak (6) siswa yang terlalu pemilih dalam memilih karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian layanan bimbingan karir terhadap kemampuan pemilihan karir pada siswa kelas XII SMK PGRI 2 Kertosono tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik penelitian menggunakan pre experimental design dengan bentuk one group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XII SMK PGRI 2 Kertosono. Teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Analisis data penelitian menggunakan uji paired sample t-test. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu pretest menggunakan instrumen kemampuan pemilihan karir, treatment menggunakan RPLBK bimbingan karir, postest menggunakan instrumen kemampuan pemilihan karir. Berdasarkan analisis data hasil penelitian ini adalah bahwa pemberian layanan bimbingan karir berpengaruh untuk mengatasi kemampuan pemilihan karir sedang pada siswa kelas XII PM1 SMK PGRI 2 Kertosono, yang terbukti dengan hasil thitung sebesar 4,661 dan ttabel sebesar 2,306 dan nilai sig 0,002 ? 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nlai skor kemampuan pemilihan karir sebelum dan sesudah treatment, yang artinya setelah diberikan treatment nilai skor kemampuan pemilihan karir siswa meningkat. Berdasarakan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pemberian layanan bimbingan karir untuk membantu siswa dalam memilih karir yang sesuai dengan kemampuan dirinya bukan karena pilihan dari orang lain, oleh sebab itu guru BK harus menerapkan layanan bimbingan karir ini dengan baik pada siswa terutama pada kelas XII (2) Guru BK terus menerus untuk memperbarui pengetahuanya mengenai dunia kerja ataupun pendidikan lanjutan.


Keyword

a

Reference

Hartanto, Agit Purwo. 2014. Keefektifan Layanan Bimbingan Karir Dengan Melalui Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Wonogiri (Online). tersedia: https:// www. Google .co.id/url?q=https:// epri nts.uns.ac.id/16625/1/SKRIPSI_AGIT_PURWO_HARTANTO.pdf, diunduh 1 Nopember 2017.

Irawan, Dahlan dkk. 2014. Peng elolaan Bimbingan Karir di SMK Negeri 1 Jember (Online). tersedia: https://www.google.co .id/url?q=http://dahlan-irawan/ 2014/04/bimbingan-karir-di smk .pdf, diunduh 31 Oktober 2017.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta,cv.

Suhariyanto, kecuk. 2017. Agustus 2017 Jumlah Pengangguran Naik Menjadi 7,04 Juta. (Online), tersedia: https://ekono mi.kompas.com/read/2017/11 /0 6/153940126/agustus-2017-jum lah-pengangguran-naik-menjadi-704-juta-orang, diunduh 21 Ap ril 2018.


PUBLISHED

2019-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI