STUDY KASUS TAWURAN ANTAR PELAJAR DI SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018


Author (Penulis)

YUVA ARUM TUNJUNGSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0083

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa mayoritas yang ikut tawuran antar pelajar dikalangan remaja saat ini didominasi oleh laki-laki, seperti tawuran yang dipengaruhi oleh faktor internal dan lingkungan para pelajar. Akibatnya pelajar menjadi sering marah/emosi yang berlebihan, suka frustasi, suka berkata kasar dengan teman guru maupun orang tua, kesalahpahaman akhirnya terjadi tawuran dengan teman yang ada di sekolah.Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui penyebab yang melatar belakangi terjadinya tawuran antar pelajar di SMK PGRI 4 Kediri, (2) mengetahui cara mencegah permasalahan tawuran antar pelajar di SMK PGRI 4 Kediri, (3) mengetahui solusi untuk mengatasi permasalahan tawuran antar pelajardi SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan subyek 2 siswa dan 1 guru Bk  Di SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian study kasus dan teknik pengumpulan data berupa pedoman wawancara dengan siswa dan Guru Bk, observasi siswa pada saat diwawancara, dokumentasi pada saat wawancara berlangsung dengan siswa dan Guru Bk. Berdasarkan hasil penelitian ini: (1) Penyebab terjadinya tawuran antar pelajar adalah disebabkan oleh rebutan cewek, iseng yang berlebihan, kesalahpahaman, senioritas dan junioritas, solidaritas yang tinggi, memang siswanya nakal dari SMP dan mudah frustasi sehingga melampiaskan emosi untuk ke hal negatif seperti tawuran. (2) Cara mencegah permasalahan tawuran antar pelajar guru Bk melakukan sebuah sosialisasi tentang peraturan sekolah/tata tertib sekolah dan memberikan hukuman/sanksi fisik berupa push-up/lari disertai pernyataan bermaterai oleh siswa dan wali murid. (3) Solusi untuk mengatasi permasalahan tawuran antar pelajar melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang bahaya, dampak dan akibat yang ditimbulkan, jika masalahnya berat guru Bk melakukan konfrensi kasus. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penyebab tawuran antar pelajar karena timbul dari diri pelajar sendiri dan lingkungan, cara mencegah tawuran antar pelajar guru Bk melakukan pendekatan individu, solusi mengatasi tawuran antar pelajar membekali pelajar dengan keyakinan dari dalam diri dan pergaulan yang menyimpang. Dari kesimpulan diatas maka sarannya: Bagi orang tua, perlunya mengetahui dan mengawasi pola perilaku dan pergaulan sianak selama di rumah maupun diluar rumah. Bagi guru Bk, memberikan sosialisasi mengenai bahaya dampak dan akibat dari tawuran bagi dirinya dan orang lain. Bagi siswa, disarankan kepada siswa agar dapat menjadikan pertemanan dengan kelompok teman sebaya sebagai sarana untuk mengembangkan wawasan dan potensi yang dimiliki. Bagi peneliti, mengetahui faktor diri pelajar dan di lingkungan sekolah.

 

Kata Kunci: tawuran, siswa SMK.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus besar Bahasa Indonesia, (2008). Jakarta : PT. Balai Pustaka.

Krisphianti Dwi Yuanita, (2017) Jurnal Masa Perkembangan Remaja, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Diunduh 16 september 2018. Pukul 10.00.

Sugiyono. 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Sugiyono  (2012), dalam bukunya Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta, diterbitkan tahun 2012.

Syamsu Yusuf. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

 

 

 


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI