HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2019


Author (Penulis)

NUR KAHFI SAPUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0081

Abstract

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL

SISWA KELAS XI SMK PGRI 4 KEDIRI

TAHUN AJARAN 2018/2019

 

 

Nur Kahfi Saputra

14.1.01.01.0081

FKIP – Bimbingan Konseling

  Email: khafi.gombloh@yahoo.com

Dr. Atrup, M.Pd., M.M.dan Yuanita Dwi Krisphianti, M.Pd.

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi masih banyak siswa yang tidak dapat membangun hubungan yang baik dengan teman lainnya maupun dengan guru. Dibuktikan ketika berada di luar kelas beberapa siswa suka berkata kurang baik sehingga terjadi saling ejek dan salaing sindir hingga terjadi pertengkaran. Ini dikarenakan siswa tidak dapat membangun hubungan yang baik dengan orang lain dan lingkungannya. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan kecerdasan emosi dengan keterampilan sosial siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri. Keterampilan sosial penting karena keterampilan sosial merupakan kemampuan individu berkomunikasi efektif dengan orang lain, dengan keterampilan sosial akan terjalin hubungan baik. Dalam menjalin hubungan baik diperlukan pengelolaan emosi yang baik sehingga  kecerdasan emosi secara tidak langsung akan mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi penelitian ini semua siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri TahunAjaran 2018/2019 dengan jumlah 213 siswa, dengan teknik purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 54 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan emosi dan angket keterampilan social. Analisi data menggunakan korelasi Person Product Moment. Hasil analisis menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05. Hal ini berarti ada hubungan kecerdasan emosi dengan keterampilan social siswa kelas X1 SMK PGRI 4 Kediri. Semakin tinggi tingkat kecerdasan emosi siswa maka keterampilan sosial semakin meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan keterampilan sosial siswa. Disarankan bagi konselor sebaiknya membantu siswa dalam upaya melatih keterampilan sosial dengan cara memupuk kecerdasan emosi siswa untuk bisa mengendalikan diri dengan baik.

 

Kata kunci :kecerdasan emosi, keterampilan sosial


Keyword

12345

Reference

Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta

Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta

Gimpel, G.A., & Merrell, K.W. 1998. Social skill of children and adolescents: Conceptualization, assessment, treatment. New Jersey

Goleman, Daniel. 2006. Emotional Intelligence.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Shapiro. Lawrence E. 2001.Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.Bandung :Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.


PUBLISHED

2020-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade