HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL
SISWA KELAS XI SMK PGRI 4 KEDIRI
TAHUN AJARAN 2018/2019
Nur Kahfi Saputra
14.1.01.01.0081
FKIP – Bimbingan Konseling
Email: khafi.gombloh@yahoo.com
Dr. Atrup, M.Pd., M.M.dan Yuanita Dwi Krisphianti, M.Pd.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi masih banyak siswa yang tidak dapat membangun hubungan yang baik dengan teman lainnya maupun dengan guru. Dibuktikan ketika berada di luar kelas beberapa siswa suka berkata kurang baik sehingga terjadi saling ejek dan salaing sindir hingga terjadi pertengkaran. Ini dikarenakan siswa tidak dapat membangun hubungan yang baik dengan orang lain dan lingkungannya. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan kecerdasan emosi dengan keterampilan sosial siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri. Keterampilan sosial penting karena keterampilan sosial merupakan kemampuan individu berkomunikasi efektif dengan orang lain, dengan keterampilan sosial akan terjalin hubungan baik. Dalam menjalin hubungan baik diperlukan pengelolaan emosi yang baik sehingga kecerdasan emosi secara tidak langsung akan mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi penelitian ini semua siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri TahunAjaran 2018/2019 dengan jumlah 213 siswa, dengan teknik purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 54 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan emosi dan angket keterampilan social. Analisi data menggunakan korelasi Person Product Moment. Hasil analisis menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05. Hal ini berarti ada hubungan kecerdasan emosi dengan keterampilan social siswa kelas X1 SMK PGRI 4 Kediri. Semakin tinggi tingkat kecerdasan emosi siswa maka keterampilan sosial semakin meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan keterampilan sosial siswa. Disarankan bagi konselor sebaiknya membantu siswa dalam upaya melatih keterampilan sosial dengan cara memupuk kecerdasan emosi siswa untuk bisa mengendalikan diri dengan baik.
Kata kunci :kecerdasan emosi, keterampilan sosial
Arikunto, Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta
Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta
Gimpel, G.A., & Merrell, K.W. 1998. Social skill of children and adolescents: Conceptualization, assessment, treatment. New Jersey
Goleman, Daniel. 2006. Emotional Intelligence.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Shapiro. Lawrence E. 2001.Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.Bandung :Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.