PENGARUH PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DALAM MENGIKUTI LAYANAN BK SISWA KELAS X DI SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

ARIA SAPUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0074

Abstract

JUDUL

PENGARUH PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DALAM MENGIKUTI LAYANAN BK SISWA KELAS X DI SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

Aria Saputri

14.1.01.01.0074

                                                    FKIP- Bimbingan dan Konseling

Putriyara21@gmail.com

Drs. Setya Adi Sancaya, M.Pd dan Nora Yuniar Setya Putri, M.Pd

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

 

 

Abstrak

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SMK PGRI 4 Kediri ketika peneliti melakukan PPL (Pelaksanaan Praktek Lapangan), bahwa siswa kelas X tingkat motivasinya dalam mengikuti layanan BK masih rendah. Dimana masih banyak siswa yang cenderung menyepelekan bimbingan klasikal, bahkan siswa menganggap apa yang disampaikan konselor pada saat pemberian layanan tidak penting. Apalagi penyampaian informasi dari pembimbing yang kurang menarik menjadikan siswa semakin merasa tidak simpati dengan layanan tersebut. Terdapat siswa yang membolos, siswa tidur di dalam kelas dan siswa mengobrol sendiri saat kegiatan layanan bimbingan klasikal sedang berlangsung. Dibutuhkan metode yang tepat untuk menarik simpati siswa saat pelaksanaan layanan bimbingan klasikal, salah satu metode yang dapat digunakan dalam layanan bimbingan klasikal adalah metode make a match. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penggunaan metode make a match terhadap motivasi dalam mengikuti layanan BK siswa kelas X di SMK PGRI 4 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif  dengan teknik penelitian pre eksperimental dan menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri dengan jumlah 319 siswa dengan menggunakan tehnik cluster random sampling didapatkan sampel sebanyak 31 siswa. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket skala motivasi siswa dalam mengikuti layanan BK dengan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai hasil uji beda (t) didapatkan thitung = 14,8 sedangkan ttabel = 2,04. Sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel  sehingga H0  ditolak dan Ha  diterima hal ini berarti ada pengaruh penggunaan metode make a match terhadap motivasi dalam mengikuti layanan BK siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan motivasi siswa setelah diberi perlakuan (treatment). Sehingga disarankan bagi konselor/guru BK untuk menggunakan metode make a match saat pelaksanaan kegiatan layanan BK untuk meningkatkan motivasi siswa.

 

 

Kata Kunci  : penggunaan metode make a match, motivasi siswa dalam mengikuti layanan bk

 


Keyword

METODE MAKE A MATCH, MOTIVASI, LAYANAN BK

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Prayetno, dkk. 2004. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdiknas.

 

Balitbang. 2006. Panduan dan Pengembangan Diri: Pedoman Untuk Satuan  Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP dan PUSBANGKURANDIK.

 

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.


PUBLISHED

2020-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade