HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA TERPADU ABUL FAIDL WONODADI BLITAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

HAMDAN KUNAIFI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0073

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan. Peneliti melihat fenomena dilapangan, siswa masih kurang dalam segi kreativitasnya dalam belajar, hal ini diketahui masih terdapat siswa yang memiliki nilai dibawah kriteria ketentuan. Adanya siswa yang remidial akibat kreativitas siswa yang kurang padahal hasil belajar siswa sangatlah penting diperoleh siswa sebagai suatu tingkat penguasaan siswa terhadap apa yang telah dipelajarinya disekolah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah kreativitas memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa kelas  XI IPS di SMA Terpadu Abul Faidl Wonodadi Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel ini menggunakan tehnik jenis sampel jenuh (sensus), karena populasi siswa kelas XI IPS hanya terdiri dari 55 siswa. Penelitian ini untuk pengumpulan data kreativitas menggunakan skala psikologis dan untuk pengumpulan data hasil belajar menggunakan dokumentasi (rapot siswa). Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Penelitian ini menggunakan 1 instrumen skala psikologi yaitu skala psikologi kreativititas. Dari uji korelasi didapatkan hasil nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 atau nilai rhitung 0,778 > 0,226 rtabel, maka H0 ditolak Ha diterima yang artinya ada hubungan antara kreativitas dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini maka disarankan Orang Tua, Guru, khususnya Guru BK agar lebih memperhatikan lagi perkembangan kreativitas belajar anak dengan memberikan contoh yang baik.

KATA KUNCI: kreativitas, hasil belajar.


Keyword

a

Reference

Azwar, S 2013. Karakteristik Skala Psikologi. (online). tersedia: http://kulpulan-materi.blogspot.com/2013/09/karakteristik-skala-psikologi.html diunduh, 2 Mei 2018.

Ismail, A. 2003. Education Games. Yogyakarta: Pilar Medika

Munandar, U.  2009. Pengembangan  Kreativitas  Anak  Berbakat.  Jakarta:  Rineka Cipta

Sudjana, N. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesido Offset.

Sugiyono. 2016. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosdakarya.

Tim Pustaka Yustisia, 2008. Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satua Pendidikan),  Yogyakarta: Pustaka Yustisia


PUBLISHED

2018-08-28

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI