ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi karakter peduli sosial di SMAN 1 KANDAT masih dikatakan rendah. Hal ini ditandai dengan banyak siswa yang tidak dapat membangun hubungan yang baik dengan teman lainnya, hal ini dibuktikan ketika berada di luar kelas ada beberapa siswa yang tidak mengenal siswa lain, perilaku saling ejek dengan teman dan hal tersebut menimbulkan perkelahian antar siswa. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu adakah pengaruh permainan The Lagend Of Tuan Dosep sebagai teknik bimbingan klasikal terhadap karakter peduli sosial siswa kelas X SMAN 1 KANDAT . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan permainan The Lagend Of Tuan Dosep sebagai teknik bimbingan klasikal terhadap karakter peduli sosial pada siswa kelas X SMAN 1 KANDAT. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis experimen. Populasi siswa kelas X SMAN 1 KANDAT berjumlah 240 dan sampel berjumlah 36 siswa sedangkan cara penentuan sampel memakai teknik Cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala karakter peduli sosial. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji t paired sample test dengan bantuan SPSS versi 24.0 for windows. Hasil analisis normalitas menunjukan data berdistribuasi normal sehingga teknik analisis yang digunakan adalah statistik parametris. Hasil uji t paired sample test menunjukkan bahwa sig.2-tailed 0,000 < 0,050. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan The Lagend Of Tuan Dosep sebagai Teknik bimbingan klasikal terhadap karakter peduli sosial siswa kelas X SMAN 1 KANDAT Tahun ajarana 2019. Disarankan bagi guru BK untuk mengunakan permainan The Lagend Of Tuan Dosep untuk bimbingan klasikal karna dapat mempengaruhi karakter peduli sosial siswa.
Azhar Arsyad, 2011. Media Pembelajaran Jakarta, PT RajaGrafindo Persada.
Arikunto, S.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara.
Afifah Nur Chayatie 2016. 112 Game Untuk Training Out Bound Jogjakarta, Katahati.
Ku Danandjaja, James. 1984. Folklor Indonesia: ilmu gossip, dongeng, dan lain-lain.
Kurniati, Euis. (2006). Program Bimbingan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Tesis. PPB FIP UPI: tidak diterbitkan.
Jakarta: Grafiti Pers rniati, E. 2011. Program Bimbingan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional.Surakarta: Skripsi Universitas Mu - hammadiyah Surakarta.
Prayitno & Erman Amti. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling,Jakarta: Rineka Cipta.
Ronny Buol, C.L. 2016. Controversial issues in the Classroom. (Onliene). tersedia :https://sitaro.wordpress.com/2016/05/07/ini-9-permainan-tradisional-anak-di-sulawesi-utara/#more-3474, diunduh 27 Desember 2017.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 2012
Triantmini. 2011 Controversial issues in the Classroom. (Online). http://pembelpai.blogspot.com/2011/01/bab-iii-kepedulian-sosial.html, diunduh 26 Desember 2017.