Pengaruh Penggunaan Permainan Snowball Throwing Terhadap Perhatian Peserta Didik Dalam Mengikuti Kegiatan Layanan Bimbingan Klasikal Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Kediri


Author (Penulis)

LUCKY KUSUMA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0066

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa terlihat ketika kegiatan layanan bimbingan klasikal berlangsung peserta didik ramai, jenuh dan bosan saat guru BK menyampaikan materi layanan bimbingan klasikal. Hal ini terlihat rendahnya antusias dan perhatian peserta didik dalam melakukan aktivitas kegiatan  layanan bimbingan klasikal.Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pengunaan permainan snowball throwing terhadap perhatian peserta didik dalam mengikuti kegiatan layanan bimbingan klasikal pada peserta didik kelas X SMAN 6 Kediri tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah 175 peserta didik, sampel dalam penelitian ini adalah 20 peserta didik.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif teknik pre-eksperimen dengan model one group pretest-posttest. Alat pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah skala perhatian peserta didik.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah data penelitian dianalisis menggunakan wilxoson dengan bantuan spss IBM SPSS 21.0, hasil wilxoson menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh pengunaan permainan snowball throwing terhadap perhatian peserta didik dalam mengikuti kegiatan layanan bimbingan klasikal pada peserta didik kelas X SMAN 6 Kediri pada tahun ajaran 2018/2019.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini adalah, direkomendasikan : (1) Kepada guru BK diharapkan dapat menggunakan permainan snowball throwing dalam layanan bimbingan klasikal sebagai alternatif apabila suatu saat menjumpai permasalahan yang berkaitan dengan perhatian peseta didik dalam mengikuti kegiatan layanan bimbingan klasikal rendah pada peserta didik. (2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan dapat mengusahakan untuk mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas terutama yang belum terungkap dalam penelitian ini.

 

 

KATA KUNCI : snowball throwing, perhatian peserta didik.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.

Irachmat, M.R. 2015.Peningkatan Perhatian Siswa Pada Proses Pembelajaran                    Kelas III Melalui Permainan Ice Breaking Di SD Negeri Gembongan KecamatanSentolo Kabupaten Kulon Progo.Skripsi, (Online), tersedia:https://eprints.uny.ac.id/16472/1/SKRIPSI%20Miftahur%20Reza%20Irachmat%20-%20NIM%2010108244061.pdf.Diunduh 10 Mei 2017.

Rasyid. 2011. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Snowball Trowing         Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Bajang Kabupaten Gowa. Sekripsi, (online), tersedia: ojs.unm.ac.id/index.php/chemica/article/download/503/pd. Diunduh 15 Mei 2017.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Udaningsih, T. 2005. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kontinuitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Ii Sma Negeri I Kutowinangun Kebumen. Skripsi, (online) , tersedia : https://lib.unnes.ac.id/1140/1/2031.pdf. Di unduh 13 Mei 2017.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI