HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS X SMAN 1 PLOSOKLATEN KAB. KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

LUCK RIZKY DIEN LUTFISANDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0063

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi masih banyak siswa yang tidak dapat membangun hubungan yang baik dengan teman lainnya, hal ini dibuktikan ketika berada di luar kelas ada beberapa siswa yang tidak mengenal siswa lain, perilaku saling ejek dengan teman dan hal tersebut menimbulkan perkelahian antar siswa. Hal ini dikarenakan bahwa siswa kelas X tidak dapat membangun hubungan yang baik dengan orang lain dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosi dengan keterampilan sosial siswa kelas X SMAN 1 Plosoklaten Kab. Kediri tahun ajaran 2018/ 2019. Keterampilan sosial penting bagi siswa karena keterapilan sosial merupakan kemampuan individu untuk berkomunikasi efektif dengan orang lain baik secara verbal maupun nonverbal. Dengan adanya keterampilan sosial akan terjalin hubungan yang baik. Dalam menjalin hubungan yang baik diperlukan pengelolaan emosi yang baik. Hal ini dikarenakan kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk mengenali perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 1 Plosoklaten dengan jumlah 249 siswa, dengan menggunakan teknik simple random sampling didapatkan sampel sebanyak 50 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala keterampilan sosial dengan teknik analisis data korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisis korelasi Pearson Product Moment data menunjukkan nilai rhitung > rtabel, 0,724 > 0,273 dan nilai sig 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan keterampilan sosial siswa kelas X SMAN 1 Plosoklaten Kab. Kediri. Dengan demikian semakin tinggi kecerdasan emosi siswa maka keterampilan sosial siswa akan semakin meningkat, begitu juga sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosi siswa maka keterampilan sosial siswa akan ikut menurun. Berdasarkan hasil korelasi menunjukkan bahwa besarnya hubungan kecerdasan emosi dengan keterampilan sosial masuk pada kategori kuat dengan arah positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kecerdasan emosi dengan keterampilan sosial siswa, sehingga disarankan bagi konselor sebaiknya membantu siswa dalam upaya melatih keterampilan sosial dengan cara memupuk kecerdasan emosi siswa untuk bisa mengendalikan diri dengan baik dan bagi sekolah memperhatikan keterampilan sosial siswa, karena keterampilan sosial penting untuk siswa sebagai modal dasar untuk kehidupanya bermasyarakat.

 

KATA KUNCI  : kecerdasan emosi, keterampilan sosial

 


Keyword

KECERDASAN EMOSI, KETERAMPILAN SOSIAL

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2015. Metode Penelitian.  Yogjakarta : Puastaka Pelajar.

 

Cartledge, G. Milburn, J. F. (Eds.) 1995. Teaching social skills to children and youth : Innovative approaches. Boston : Allyn and Bacon.

 

Gimpel, G. A., & Merrell, K. W. 1998. Social Skills of Children and Adolescent: Conceptualization, Assessment, Treatment. New Jersey: Lawrence Erlbaurn Associates Publisher.

 

Goleman, Daniel. 2005. Working With Emitional Intelligence (terjemahan). Jakarta :PT. Gramedia Pustaka Utama.

 

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade