PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK KARYAWISATA TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR SISWA KELAS X SMK PGRI 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

YUDA TRI PRASETIYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0060

Abstract

JUDUL

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Karyawisata Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020

 

Yuda Tri Prasetiya

14.1.01.01.0060

FKIP/Bimbingan dan Konseling

aduy1995@gmail.com

Dr. Hj.Sri Panca Setyawati, M.Pd dan Guruh Sukma Hanggara, M.Pd

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

                                                                   

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  hasil observasi di SMK PGRI 2 Kediri ketika peneliti melakukan PPL (Pelaksanaan Praktek Lapangan). Permasalahan yang muncul berdasarkan fakta yang ditemui dilapangan, beberapa siswa memiliki kesadaran tanggung jawab  belajar yang rendah, contohnya tidak memperhatikan saat kegiatan belajar mengajar dan tidak menyelesaikan tugas tepat waktu, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan bimbingan kelompok menggunakan teknik karyawisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik karyawisata terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas X SMK PGRI 2 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020.

Penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimen design one-grup pretest dan posttest.  Untuk pengumpulan data digunakan instrumen skala tanggung jawab belajar. Populasi kelas X SMK PGRI 2 Kediri berjumlah 522 siswa dan pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik kuota simple random sampling yaitu menentukan jumlah sampel sebesar 32 siswa dan pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak. Untuk analisis data penelitian digunakan uji paired sample t-test.

Berdasarkan hasil analisis data diketahui perhitungan uji paired t-test dengan SPSS 22.0 for windows diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05) dan hasil t hitung sebesar 10,02 dengan derajat kebebasan (df) 31 diperoleh nilai t tabel sebesar 1,69, sehingga t hitung (10.02) > t tabel (1,69) berarti ada perbedaan hasil antara sebelum dengan sesudah treatment, tanggung jawab belajar siswa setelah diberikan treatment menjadi lebih baik. Maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik karyawisata terhadap tanggung jawab belajar siswa kelas X SMK PGRI 2 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020.

Saran yang penulis harapkan sebagai berikut 1) Bagi guru BK, apabila terdapat permasalahan tanggung jawab belajar, dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik karyawisata untuk mengatasinya. 2) Bagi siswa, tanggung jawab belajar itu sangat penting dan harus dibangun, untuk memiliki kesadaran perilaku yang lebih baik. 3) Bagi sekolah, lebih memperhatikan dan meningkatkan perilaku tanggung jawab belajar siswa, karena hal ini penting sesuai yang sudah diatur dalam kurikulum 2013. 4) Bagi peneliti selanjutnya, semoga dapat mengembangkan penelitian ini jauh lebih sempurna lagi dengan teknik yang lebih bervariasi.

 

 

Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik karyawisata, tanggung jawab belajar


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieneka Cipta

 

Dewi, Febriana Putri. 2016. Tingkat Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dan Implikasinya Terhadap Usulan Topik-Topik Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

 

 

 

Ekosiswoyo; Rachman.  2000. Motivasi Belajar dan Disiplin. http://motivasi-belajar-dan-disiplin-unmul.blogspot.com/.

 

Hanggara, Guruh Sukma. 2016. Keefektifan “Proses Guru” Sebagai Teknik Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa SMK. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1 (4): 154.

 

Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Insania Press.

 

Sekaran,U. 2006. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. (Online). Tersedia: https://teorionline.wordpress.com/2010/01/24/populasi-dan-sampel, Diunduh 13 Juli 2018.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2020-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI