HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS X SMK KARTANEGARA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ZAIDA NA'IM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0056

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi masih banyak siswa kebingungan atau mengeluh  dalam memilih jurusan, mengeluh bahwa hari depannya suram, tidak jelas, dimana akan bekerja, profesi apa yang cocok baginya dan sebagainya. Akibatnya masih ada siswa-siswi yang kebingungan dalam memilih jurusan. Hal tersebut menunjukkan bahwa kematangan karir siswa masih rendah. Dalam upaya memilih karir, siswa perlu memiliki kesadaran tentang dirinya atau mengetahui konsep dirinya, karena konsep diri suatu hal yang penting dalam membuat suatu keputusan mengenai karir di masa depan. Konsep diri merupakan keseluruhan kesadaran atau persepsi mengenai diri yang diobservasi, dialami, dan dinilai oleh individu, sedangkan kematangan karier adalah sikap dan kompetensi individu dalam menentukan keputusan karir yang ditunjang oleh faktor kognitif dan afektif dengan meningkatkan pengetahuan dan keahlian. Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah hubungan antara konsep diri  dengan kematangan karir siswa kelas X SMK Kartanegara Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Kartanegara Kediri yang berjumlah 338 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 70 siswa yang cara pengambilannya menggunakan simple random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Product Moment Pearson. Hasil analisis data menunjukkan nilai rhitung 0,707 > 0,235 rtabel. Hal ini berarti ada hubungan yang positif antara konsep diri dengan kematangan karir pada siswa kelas X SMK Kartanegara Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi konsep diri siswa maka kematangan karir semakin baik, sehingga konsep diri memiliki keterkaitan dengan meningkatnya (tinggi/rendahnya) kematangan karir. Dengan demikian dapat disarankan sebaiknya untuk meningkatkan kematangan karir, siswa meningkatkan konsep diri. Karena konsep diri merupakan suatu hal yang penting dalam membuat suatu keputusan mengenai karir di masa depan.

 

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Brown, D. 2002. Career Choice and Development. USA:  A Wiley Imprint.

Dewi Y. K. 2012. Hubungan antara Harga Diri Dan Motivasi Berprestasi Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri Surakarta. Skripsi. Dipublikasikan. Surakarta: Kedokteran UNS (Online) tersedia: http://digilib.uns.ac.id, diunduh 11 Januari 2018.

Frankel, J. R dan Wellen, N. E, 2008. How to Design and Evaluate Research inEducation. New York: McGraw-Hill.

Nimas, C. 2016. Hubungan Antara

Konsep Diri dengan Kompetensi Interpersonal Pada Siswa Kelas X sma Islam Sultan Agung I Semarang. Jurnal. Dipublikasikan. Semarang: Universitas Diponegoro (Online) tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/63769-ID-hubungan -antara-konsep-diri-dengan-kompetensi.pdf, diunduh: Desember 2017.

Suryanti, R. 2011. Hubungan Antara Locus of Control Internal dan Konsep Diri dengan Kematangan Karier pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Surakarta. Skripsi. Dipublikasikan . Surakarta: FKIP UNS (Online) tersedia: http://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id, diunduh November 2017.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade