PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP PENYESUAIAN SOSIAL SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI NGADILUWIH TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

CRISTINNA MAHARENI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0052

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan wawancara peneliti dengan guru BK/ Konselor, bahwa terdapat banyak siswa kelas XI IPS di SMA Negeri Ngadiluwih yang mengadu kepada guru BK untuk memisahkan atau pindah ke kelas lain karena tidak betah teman sekelasnya yang menurut pendapat mereka, antara satu sama lain sulit untuk menyesuaikan. Akibatnya suasana kelas menjadi lebih menegangkan karena perbedaan bahkan sampai memunculkan pertengkaran. Hal tersebut nampak pada kurangnya menerima dukungan sosial dari teman sebaya, yang pada akhirnya sulit dalam penyesuaian sosialnya. Permasalahan penelitian ini  Apakah ada pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap penyesuaian sosial siswa kelas XI IPS?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis korelasional dengan teknik analisis datanya adalah korelasi product moment. Populasi  penelitian siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngadiluwih sebanyak 95. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 siswa dengan taraf signifikansi 5%. Teknik pengambailan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan cara simple random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan instrumen berupa skala psikologis. Dari hasil perhitungan korelasi product moment dihasilkan rhitung  sebesar 0,086, r pada tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan n = 75 sebesar 0,227. Jadi rhitung   ? rtabel   yaitu 0,086 ? 0,227 menunjukan hubungan positif tetapi tidak signifikan, dimana variabel dukungan sosial teman sebaya dan variabel penyesuaian sosial memiliki hubungan yang sejajar/searah tetapi tidak signifikan, yang artinya apabila variabel dukungan sosial teman sebaya dalam kriteria sedang, maka variabel penyesuian sosial juga menepati kriteria tetapi tidak signifikan karena nilai rhitung  berada dalam kategori sangat rendah. Sangat rendah artinya kaitan hubungan antara variabel dukungan sosial teman sebaya dengan variabel penyesuaian sosial berada dalam kriteria sangat lemah. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) guru BK/ Konselor lebih bisa mengerti dan memahami kebutuhan siswa mereka terutama dalam hal penyesuaian sosial baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.(2) Diharapkan guru BK/ Konselor selau menggunakan metode pembelajaran yang sesuai, yang dinilai mampu untuk meningkatkan dalam memperoleh maupun memberikan dukungan sosial dari teman sebaya dan penyesuaian sosial seperti metode diskusi kelompok, sosiodrama, role playing, dan lain sebagainya.


Keyword

a

Reference

Ardians, A.  2014. Pengertian Dukungan Sosial Teman Sebaya. (Online). Tersedia. https://atrofardians.blogspot.com/2014/03/pengertian-dukungan-sosial-teman-sebaya.html, diunduh 4 Juni 2018.

 

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

 

Eraw. 2014. Populasi  Dan Sampel. (Online). Tersedia. https://lauraerawardani.blogspot.com/2014/05/populasi-dan-sampel.html, diunduh 4 Juni 2018.

 

Gerungan, W.A. 2004. Psikologi Sosial, PT. Refika Aditama, IKAPI, Bandung.

 

LPPM. 2017. Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

 

Manalu, S. 2015. Psikologi Menurut Saya. (Online). Tersedia. https://tugaspsikologidulu.blogtspot.com, diunduh 22 Mei 2018.

 

Yusuf, S. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung. Remaja Rosdaya.

 

Santrock, J.W. (Eds). 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

 

Schneider, A.A. 1964. Person Adjusment and Mental health. New York: Rinehart and Winston.

 

Septiyaningtyas, R. 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Puren Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi.Yogyakarta: FIP UNY.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

 

Sunarto, A & Hartono, A. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI