Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi atau pengamatan di SMA Pawyatan Daha Kediri ketika peneliti melakukan PPL. (Pelaksanaan Praktek Lapangan). Terdapat banyak siswa kelas X di SMA Pawyataan Daha memiliki tingkat penyesuaian diri yang rendah. Kondisi tersebut tercermin pada siswa yang tidak dapat mengikuti peraturan baru yang ditetapkan oleh sekolah sehingga membuat siswa tidak semangat dalam mengikuti proses pembelajaraan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara percaya diri dengan penyesuaian diri siswa kelas X di SMA Pawyatan Daha Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis korelasional dengan teknik analisis datanya adalah korelasi produk moment. Untuk pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket. populasinya seluruh siswa kelas X SMA Pawyataan Daha Kediri sebanyak 122 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 30 siswa dan pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara simple random sampling. Darihasil analisis data diketahui perhitungan korelasi produk momen dihasilkan r hitung lebih besar daripada r tabel, karena nilai “r” hitung sebesar 0,957> 0,361 dari “r” tabel product moment, dari taraf signifikan 5 %(α=0,05). Selanjutnya dari norma keputusan jika rh>rtatau 0,957 > 0,361 maka dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini bearti menunjukkan bahwaada hubungan percaya diri denganpenyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas X di SMA Pawyatan Daha Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: 1) guru BK atau Konselor lebih bisa mengerti dan memahami kebutuhan siswa mereka terutama dalam hal penyesuaian diri siswa di lingkungan sekolah maupun di lingkungan luar sekolah. 2) siswa mampu bersikap lebih terbuka apabila mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan mampu memiliki rasa percaya diri yang tinggi.
Kata Kunci: percaya diri, penyesuaian diri
Adler. 2008. Self-Efficacy: The Exercise
Of Control. New York : W.
H. Freeman and Company.
Ali. 2005. Pentingnya Pendidikan
Berkomunikasi. Bandung :
Tri Cipta Tunggal.
Andriyani, Aan 2012. Pengaruh Percaya
Diri SiswaTerhadap Prestasi
Belajar Matematika Siswa Kelas Kelas VII MTs Pui Ciwedus Timbang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
Angelis. 2002. Rahasia Puncak Percaya
Diri.Yogyakarta: Mitra Sejati.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.
Baharuddin, H. 2007. Teori Belajar dan
Pembelajaran.. Yogyakarta :
Ar-Ruzz Media
Churniayawati, Retna. 2017. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X MAN 3 Sleman. Skripsi tidak diterbitkan. Program Studi Bimbingan dan Konseling, FIP, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Dariyo. 2007. Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Desmita. 2010. Teori-Teori Psikologi.
Yogyakarta: AR-RuzzMedia.
Fatimah. 2006. Psikologi Perkembangan
(Perkembangan Peserta Didik).
Bandung : CV Pustaka Setia.
Gay, L. R dan Diehl, P. L, 1992 Reserach Methods for Business and Management Mac Millan Publisng Company: New York
Hakim, Thursan. 2005. Mengatasi Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.