ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling person-centered untuk meningkatkan self esteem siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwoasri 2017/2018. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain SSD (Single Subject Design) model A-B-A. Subyek penelitian berjumlah satu siswa kelas X di SMA Negeri 1 Purwoasri yang menunjukkan tingkat self esteem rendah. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan skala psikologis harga diri siswa dengan nilai validitas butir > 0,279 dan reliabilitas 0,726. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan pada fase baseline A1, lima kali pada fase intervensi B dan tiga kali pada fase baseline A2. Pada fase baseline A1 subyek memiliki skor 5, 6, 7, pada fase intervensi B memiliki skor 10, 12, 15, 17, 18 dan pada fase baseline A2 memiliki skor 14, 12, 7, dengan persentase overlap 0% pada saat fase baseline A1 ke fase intervensi B dan dengan persentase overlap 33.33% pada fase intervensi B ke baseline A2. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah konseling person-centered tidak efektif untuk meningkatkan self esteem siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwoasri 2017/2018. Hal ini dikarenakan minimnya waktu pada saat pemberian intervensi sehingga intervensi tidak berjalan dengan maksimal dan untuk meningkatkan self esteem siswa tidak hanya di pengaruhi oleh faktor internal saja, namun faktor eksternal juga, seperti pola asuh orangtua, kelas sosial, dan teman sebaya.
DAFTAR PUSTAKA
Jones, R. N. 2011. Teori dan Praktik
Konseling dan Terapi. (Terjemahan Soetjipto, H.P. & Soetjipto, S.M). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nugroho, W. D. 2014. Efektivitas Layanan
Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Rakit Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta: FIP UNY.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. 2005. Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Bandung: FIP UPI.
Windayani, K. V., Dharsana, P., & Suranata, Kd. 2014. Penerapan Konseling Client-Centered Dengan Teknik Permisif Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa Kelas X. IIS 2 SMA Negeri 2 Singaraja, 2 (1). (online), tersedia: http://e-journal.Undiksa.ac.id, diunduh 29 November 2017.