UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA DI SMA NEGERI 1 MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

FETRI RIRIN RIDHO PAMUJI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0047

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh pengamatan dan pengalaman peneliti terhadap kurang maksimalnya Guru BK dalam memberikan layanan atau memerankan sebagai konselor sekolah terutama dalam bidang karier. SMAN 1 Mojo Kediri sebagai tempat penelitian, keberadaan BK di SMAN 1 Mojo memiliki peranan besar dalam memberikan pemahaman dan penyaluran minat karier siswa selama proses pendidikan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengetahui (1) Upaya guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan karier siswa di SMA Negeri 1 Mojo. (2) Faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan upaya guru bk untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan karier siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian 4 orang guru dan 3 orang siswa di SMAN 1 Mojo. Penelitian ini jenis deskriptif dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan instrument wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi dikelola dengan cara mereduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan dari data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode trianggulasi sumber untuk membuktikan keabsahan temuan mengenai upaya guru BK untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan karier siswa. Berdasarkan hasil penelitian dsimpulkan bahwa (1) Upaya guru BK di sekolah tersebut dalam bidang karier dilakukan dengan membuat program tahunan dan program bulanan dan memberikan layanan informasi karier. Dalam pemberian layanan informasi karier didasarkan pada Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling, penelitian ini tidak  mengungkap keterampilan anak dalam membuat keputusan karier. (2) Faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan upaya guru bk adalah terbatasnya waktu untuk pemberian materi guru BK didalam kelas, kemudian terbatasnya tempat seperti aula untuk pelaksanaan sosialisasi lalu terbatasnya media seperti LCD proyektor yang mendukung untuk kelancaran proses sosialisasi disekolah. Oleh karena itu dari hasil penelitian yang telah dilakukan ini sebagai guru, khususnya Guru BK yang memiliki peran yang sangat penting dalam perencanaan karier siswa, diharap guru Bimbingan dan Konseling mampu membimbing dan memberikan arahan tentang pemilihan karier.


Keyword

guru bimbingan dan konseling, pengambilan keputusan karier.

Reference

Rahma, U. 2015. Bimbingan Karir Siswa. Malang: UIN-MALIKI PRESS.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan; pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Hidayati, R. 2015. Layanan Informasi Karier Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karier, Volume 1 No 1. (online). tersedia: http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id, diunduh 02 Agustus 2018.

Nugroho, E.R. 2013. Peningkatan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Melalui Metode Gyroscope pada siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Cawas. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (skripsi online) diunduh  20 November 2017.


PUBLISHED

2019-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade