UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN WAKTU SISWA KELAS X SMKN 1 NGASEM TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

BINTI MALIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0044

Abstract

Abstrak

 

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan manajemen waktu siswa kelas X SMKN 1 Ngasem tahun ajaran 2017/2018. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana pemahaman siswa tentang manajemen waktu? (2) apakah siswa kelas X SMKN 1 Ngasem sidah melaksanakan manajemen waktu dengan baik? (3) bagaimana upaya guru BK dalam meningkatkan manajemen waktu pada siswa kelas X SMKN 1 Ngasem?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian 3 guru BK dan sekundernya 2 siswa kelas X SMKN 1 Ngasem. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi dan dokumentasi dikelola dengan cara mereduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan dari data yang diperoleh kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode triangulasi sumber untuk membuktikan keabsahan temuan. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa ditemukan siswa yang tidak menggunakan manajemen waktu dengan baik, misalnya sering terlambat masuk sekolah, sering dikantin saat jam pelajaran . (1) Pemahaman siswa kelas X tentang manajemen waktu, siswa kelas X belum paham tentang manajemen waktu, siswa hanya paham pengertian manajemen waktu, siswa belum paham manfaat dan pentingnya manajemen waktu bagi siswa. (2) Pelaksanaan manajemen waktu siswa kelas X, siswa kelas X belum melaksanakan manajemen waktu dengan baik, hal tersebut bisa dilihat dari daftar nama siswa yang sering terlambat masuk sekolah, masih ada siswa yang berada dikantin saat jam pelajaran. (3) Adapun Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Manajemen Waktu Siswa Kelas X SMKN 1 yaitu: (a) Guru Bimbingan dan Konseling memberikan layanan klasikal untuk kelas X tentang manajemen waktu; (b) Guru Bimbingan dan Konseling memberikan layanan konseling individu.

 

 

Kata Kunci : guru bimbingan dan konseling, meningkatkan manajemen waktu siswa

 


Keyword

a

Reference

Gea, A.A. 2014. Time Manajemen Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisiean. Jakarta. Skripsi, (Online), 5 (2): 779-780, tersedia: http://resech-dashboard.binus.ac.id/uploads/paper/document/publicatotion/proceeding/Humaniora/vol%205%20%2Oktober%202014/22_CB_Antonius.pdf . diunduh 13 November 2017

Moleong, L. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gumilang, G.S. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. 2 (2). Journal (online) tersedia: http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/fokus, diunduh 04 Januari 2018.

Nurhidayati, D. D. 2016. Peningkatan Pemahaman Manajemen Waktu

Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Pada Siswa. Skripsi, (Online), 5 (1) : 26-27, tersedia: http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/ diunduh 14 Oktober 2017.


PUBLISHED

2018-08-28

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI