ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di SMA Negeri 1 Plosoklaten masih banyak siswa yang tidak disiplin di sekolah. Tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui bagaimana Upaya Guru BK Untuk Meningkatkan Kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Plosoklaten.Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apa faktor penyebab perilaku tidak disiplin siswa kelas X? (2) Siapa saja yang berperan penting dalam usaha meningkatkan kedisiplinan? (3) Bentuk sanksi apa saja yang dapat meningkatkan kedisiplinan? (4) Bagaimana upaya guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan?.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian 3 guru BK dan sekundernya 2 siswa kelas X di SMA Negeri 1 Plosoklaten. Penelitian ini jenis deskriptif dan teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi dikelola dengan cara mereduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan dari data yang diperoleh kemudian data dianalisis dengan menggunakan Metode Triangulasi Sumber untuk membuktikan keabsahan temuan. Kesimpulan hasil penelitian yaitu: (1) faktor yang mempengaruhi ketidakdisiplinan siswa adalah dari lingkungan sekolah dan tempat tinggal (2) yang berperan penting dalam usaha meningkatkan kedisiplinan siswa adalah Kepala Sekolah, Guru BK, Guru mata pelajaran, Wali Kelas dan orang tua siswa (3) bentuk sanksi yang dapat meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu dengan membuat rangkuman materi (4) mengadakan pendekatan kepada siswa untuk bisa memahami sifat dan karakter siswa dengan layanan individu maupun kelompok. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan bahwa: Hendaknya guru Bimbingan dan Konseling lebih memaksimalkan bimbingan konseling di sekolah agar bisa membantu meningkatkan segala aspek-aspek kedisiplinan bagi siswa.
KATA KUNCI : guru bimbingan dan konseling, kedisiplinan siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Moleong. J. L. 2016 . Metodologi Penelitian Kualitatif . PT. Remaja Rosdakarya Offset . Bandung.
Sugiyono. 2016. Pemahaman Metode Kualitatif. Alfabeta Bandung.
Yuliyantika. 2017. Faktor Penyebab Tidak Disiplin. (Online), tersedia: http://p2m.undiksha.ac.id, diunduh tanggal 24 September 2017.