Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan komunikasi siswa kelas XI IPS di SMAN 7 Kota Kediri rendah. Rumusan masalah yang diambil adalah “Adakah pengaruh pemberian bimbingan teman sebaya terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI IPS di SMAN 7 kota kediri tahun ajaran 2018/2019?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 7 Kota Kediri sebanyak 134 siswa, dengan sampel penelitian kelas XI IPS 1 sebanyak 5 siswa, kelas XI IPS 2 sebanyak 3 siswa kelas XI IPS 3 sebanyak 4 siswa, kelas XI IPS 4 sebanyak 7 siswa dan kelas XI IPS 5 sebanyak 3 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala kemampuan komunikasi interpersonal. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,788. Penelitian ini menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh bimbingan teman sebaya terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 34,799> 2,080 pada taraf signifikansi 5%. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa bimbingan teman sebaya berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI IPS di SMAN 7 Kota Kediri.
Kata kunci: bimbingan teman sebaya, kemampuan komunikasi interpersonal
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi PendidikanEdisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Astiningrum, Y. 2013. Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Artiket Jurnal. Yogyakarta : Universitas, Sebelas Maret Surakarta, (Online), 3 (1): 1-10, tersedia : http://ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK, diunduh 14 November 2017.
Iceu, R. 2011. Program Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus, (1) (hal 368-376) http//jurnal.upi.edu. diunduh 17 oktober 2017
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD) Cetakan Ke 24. Bandung: Penerbit Alfabeta.