PENGARUH BIMBINGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 7 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

NOVILIA EGA PRIMASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0041

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan komunikasi siswa kelas XI IPS di SMAN 7 Kota Kediri rendah. Rumusan masalah yang diambil adalah “Adakah pengaruh pemberian bimbingan teman sebaya terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI IPS di SMAN 7 kota kediri tahun ajaran 2018/2019?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 7 Kota Kediri sebanyak 134 siswa, dengan sampel penelitian kelas XI IPS 1 sebanyak 5 siswa, kelas XI IPS 2 sebanyak 3 siswa  kelas XI IPS 3 sebanyak 4 siswa, kelas XI IPS 4 sebanyak 7 siswa dan kelas XI IPS 5 sebanyak 3 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala kemampuan komunikasi interpersonal. Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,788. Penelitian ini menggunakan independent sample t-test untuk mengetahui pengaruh bimbingan teman sebaya terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 34,799> 2,080 pada taraf signifikansi 5%. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa bimbingan teman sebaya berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas XI IPS di SMAN 7 Kota Kediri.

 

Kata kunci: bimbingan teman sebaya, kemampuan komunikasi interpersonal


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi PendidikanEdisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Astiningrum, Y. 2013. Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Artiket Jurnal. Yogyakarta : Universitas, Sebelas Maret Surakarta, (Online), 3 (1): 1-10, tersedia : http://ojs.unm.ac.id/index.php/JPPK, diunduh 14 November 2017.

Iceu, R. 2011. Program Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus, (1) (hal 368-376) http//jurnal.upi.edu. diunduh 17 oktober 2017

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD) Cetakan Ke 24. Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

 


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI